Literasi pohon ajak siswa gemar membaca

id Sekolah,Literasi,Smp 6,Kreatifitaa

Literasi pohon ajak siswa gemar membaca

Atlet Tenis Jepang kedapatan membawa bungkusan besar sampah dari dalam Venue usai melakukan pertandingan di JSC, Kamis (29/8). (ANTARA News Sumsel/Sudirman/Erwin Matondang/18)

Lubuklinggau (ANTARA News Sumsel) - Sekolah berperan penting dalam mengembangkan kreativitas  siswa untuk mendongkrak literasi bangsa, sebab itu agar siswa gemar dalam membaca SMP Negeri 6 Kota Lubuklinggau memasang tema "literasi pohon".

"Literasi pohon adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media, dan kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar siswa menjadi sadar dan gemar membaca," kata Kepala SMP Negeri 6 Lubuklinggau Nila Elmiaty, Kamis.

Dilanjutkannya, sekolah berperan penting dalam mengembangkan kreativitas siswa dan guru untuk mendongkrak literasi bangsa, sekolah dapat mengembangkan keunggulan dalam literasi yang dimulai dari membaca, jika perlu gerakan literisasi sekolah tidak sekedar rutinitas. 

Tujuan dirinya memasang literasi dipohon tidak lain dijelaskannya sebagai sosialisi  kepada anak  agar mau membaca, sehingga disaat waktu istirahat dapat melihat-lihat pohon sambil membaca tulisan yang digantung di pohon sekolah.

"Sebab itu setiap pohon yang ada disekolah, kita pasang tulisan yang dibuat oleh pembina OSIS dan wakil kesiswaan, tulisan tentunya yang positif sehingga saat siswa melintas dan duduk dibawa pohon, secara spontan siswa akan membacanya," ungkapnya.

Tentunya ide ini disambut baik oleh siswa, dan kemungkinan dirinya akan membuat tempat pojok baca dilingkungan sekolah, yang lengkap dengan kursi dan lemari kecil wadah buku.