OKU Timur gulirkan gerakan satu jam membaca dan mengaji

id gerakan membaca oku timur,setajam gergaji,peningkatan literasi

OKU Timur gulirkan gerakan satu jam membaca dan mengaji

Arsip Foto - Bunda Literasi OKU Timur meninjau pojok baca di Desa Karang Tengah. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur di Provinsi Sumatera Selatan menjalankan gerakan satu jam membaca dan mengaji dalam upaya mewujudkan generasi unggul.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKU Timur Sopian Hadi di Martapura, Sabtu, menyampaikan bahwa gerakan yang disebut Setajam Gergaji itu merupakan bagian dari upaya membudayakan aktivitas membaca di lingkungan keluarga dan sekolah.

Menurut dia, program yang digagas oleh Bunda Literasi OKU Timur Sheila Noberta, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut ditujukan untuk mengajak masyarakat membaca dan meningkatkan literasi.

Ia mengatakan, pemerintah daerah menjalankan Gerakan Setajam Gergaji, Program Jumat Bunda Berkisah, Perpustakaan Digital, hingga Festival Literasi Pelajar untuk membangun budaya membaca di kalangan masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat, ia melanjutkan, perpustakaan juga memfasilitasi masyarakat mengembangkan bakat dan meningkatkan keterampilan dengan mengadakan kelas menjahit, memasak, hingga mengaji.