Satu menit menganyam kulit ketupat

id kulit ketupat,ketupat,idul adha

Satu menit menganyam kulit ketupat

Pengrajin menganyam daun nipah menjadi kulit ketupat di kawasan 1 ilir Palembang,Sumsel, Minggu (10/6). Menjelang lebaran warga kawasan 1 ilir menjadi pengrajin ketupat daun nipah musiman menghasilkan ribuan kulit ketupat untuk memenuhi permintaan pasar.(ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang ( ANTARA News Sumsel ) - Pedagang musiman kulit ketupat yang berdagang di Jalan Merdeka Kelurahan 26 Ilir Palembang, butuh waktu satu menit untuk menganyam satu kulit ketupat. 

"Selama proses menganyam ketupat yang sudah mahir hanya butuh waktu satu menit saja untuk anyaman menjadi satu bungkus ketupat," kata penjual ketupat, Sudirman di Palembang, Selasa. 

Ia mengatakan, tangan harus benar memegangnya karena teknik membuatnya berputar - putar. 

Untuk itu ia mengaku, proses menganyam dua jenis daun yang dibuat menjadi bungkus ketupat yaitu daun kelapa dan daun nipah yang didapat di daerah Jalur 16 Desa Telang Sari Kabupaten Banyuasin.

"Ia memilih daun kelapa, karena daun kelapa lebih mudah dibuat dibandingkan daun nipah karena daun kelapa mudah dipisahkan dari lidinya," ungkapnya. 

Untuk kualitas kulit kelapa yang digunakan dilihat dari kondisi cuaca, Kalau hujan kulit ketupat bisa hitam kulitnya dan kena air bisa rusak. 

"Jadi tidak boleh kena air, tapi kalau terlalu panas juga enggak bagus, kulitnya jadi layu, untuk sekarang kualitas daun lagi bagus," tambahnya.

Ia menambahkan berdagang selama puluhan tahun sejak tamat SMA bersama orang tuanya berdagang meski hanya berdagang selama empat hari, Ia dan tiga rekannya mampu menghabiskan 100 ribu kulit kelapa.

Selama tiga hari berjualan, ia telah menghabiskan 380 lembar daun yang diambil dari 38 pelepah daun kelapa sementara untuk daun nipah 260 lembar.

"Kalau kurang nanti saya tambah lagi stoknya, untuk tiga hari dari hari Sabtu saya jualan sudah 38 pelepah disiapkan," katanya.

Untuk satu bungkus ketupat bisa di jual terdiri dari Rp15 ribu untuk sepuluh buah kulit ketupat dan Rp10 ribu untuk delapan buah kulit ketupat.