Gubernur: Sukses Asian Games bergantung pelaku UMKM

id Umkm,Asian games,Gubernur sumsel,Usaha kecil

Gubernur: Sukses Asian Games bergantung pelaku UMKM

Gubernur Sumsel Alex Noerdin berfoto usai penandatanganan akta kredit program kemitraan Bank BNI dan penyerahan simbolis cetak kemasan kepada 10 UMKM kawasan Jakabaring Sport City di Palembang, Jumat. (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan bahwa kesuksesan Asian Games 2018 nantinya banyak bergantung pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kita harus mensukseskan Asian games ini. Sukses tidak penyelengaraan Asian games di Palembang ini banyak bergantung dengan pelaku UMKM,” ujar Gubernur Sumsel saat menggelar Silaturahmi dan Sosialisasi Asian Games 2018 kepada Pelaku UMKM di Palembang, Jumat.

Alex Noerdin juga mengajak seluruh pelaku UMKM untuk menciptakan produk khas tradisional Palembang pada khususnya dan Sumsel pada umumnya agar semakin dikenal di mata Internasional.

“Sumsel sudah berpengalaman dalam mengadakan event olahraga, dan kita sudah punya fasilitas salah satunya Jakabaring Sport City, kota olahraga berstandar Internasional,” tambah Alex.

Dia juga menegaskan pemerintah akan menyiapkan lokasi untuk para UMKM bukan hanya di dalam Jakabaring Sport Center, tetapi di sekitar Jakabaring hingga Benteng Kuto Besak.

“Nanti akan ada seleksi UMKM yang layak terpilih yang memang produk usahanya secara valid laku, mempunyai standar kesehatan untuk makanan,” ujarnya.

Gubernur turut mengimbau kepada pelaku UMKM untuk berdagang dengan baik, jujur, bersikap ramah dan sopan kepada turis yang datang pada perhelatan Asian Games 2018.

"Jangan manfaatkan Asian Games sebagai sarana untuk berbuat hal yang tidak baik, jangan menaikkan harga, memberi zat berbahaya pada makanan. Jadilah pelaku UMKM yang baik dan jujur, turut sukseskan Asian Games 2018” ujar Gubernur.

Di dalam acara juga diadakan penandatanganan akta kredit program kemitraan Bank BNI dan penyerahan simbolis cetak kemasan kepada 10 UMKM kawasan Jakabaring Sport City disaksikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan.

Salah satu pelaku UMKM, Eva mengatakan dengan Asian Games ini semoga dapat meningkatkan penghasilan UMKM dan ekonomi rakyat, serta meraih keuntungan secara finansial.