Sarang ketupat mulai dijual jelang lebaran

id Sarang ketupat,Ketupat,Lebaran,Makan ketupat,Pasar 16 ilir

Sarang ketupat mulai dijual jelang lebaran

Pedagang sarang ketupat bermunculan di kawasan Pasar 26 Ilir Palembang, Minggu (10/6/18) (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel)- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah para pedagang sarang ketupat bermunculan di kawasan Pasar 26 Ilir Palembang, Sumatera Selatan.

"Kami pada hari biasanya berdagang jualan bahan pokok makanan hanya saat menjelang lebaran saya berdagang sarang ketupat ini," kata Pedagang Ketupat Abu Bakar di Pasar 26 Ilir Palembang, Minggu.

Dia mengatakan mulai berdagang sarang ketupat sejak tiga tahun yang lalu dan berjualan di mulai H-5 Lebaran.

Menurutnya di pilihnya pasar 26 Ilir sebagai tempat berjualan, lantaran Pasar 26 Ilir yang lebih dekat dengan rumahnya dan belum banyak juga yang menjual barang yang sama.

Ia menerangkan sarang ketupat ini dibuatnya sendiri dan untuk satu ikatnya dihargai senilai Rp10.000 dan satu ikat terdapat 10 buah sarang ketupat. 

Pedagang lainnya, Rinasiah mengatakan ia dengan beberapa orang lain dari rumah berangkat pagi hari menuju Pasar 10 Ilir dengan membawa lebih kurang 50 buah sarang ketupat untuk dijual.

Ia menyebutkan biasanya keberadaan mereka dicari oleh konsumen karena ketupat biasa dijadikan sebagai salah satu hidangan disaat hari lebaran.

"Untuk tahun ini tidak seramai tahun lalu, jika tahun lalu 100 sarang ketupat dapat terjual dengan cepat, sedangkan tahun ini belum banyak yang terjual padahal tak lama lagi lebaran," katanya.