Pemkot Palembang tambah lima bus air untuk Asian Games 2018

id bus air,isnaini madani,kadis pariwisata

Pemkot Palembang tambah lima bus air untuk Asian Games 2018

Sejumlah petugas sedang melakukan uji coba bus air di sungai Musi Palembang, Selasa (2/4). (Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi/Aw)

Iya benar kami mendapat bantuan lima bus air dari pemerintah pusat melalui departemen perhubungan
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Perhubungan mendapat bantuan lima bus air dari Departemen Perhubungan untuk menunjang pelaksanaan Asian Games 2018.

"Iya benar kami mendapat bantuan lima bus air dari pemerintah pusat melalui departemen perhubungan," kata Kepala Dishub Kota Palembang Kurniawan, Rabu. 

Menurutnya lima bus air tersebut masing-masing berkapasitas 30-40 tempat duduk. Kelima bus air diperuntukan bagi pariwisata selama Asian Games 2018.

Bus air yang dibuat di Batam Kepulauan Riau akan segera dikirimkan ke Kota Palembang lewat Pelabuhan Boom Baru pada bulan Juni agar dapat digunakan sebelum Asian Games 2018. 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani membenarkan lima bus air digunakan untuk membawa tamu asing yang mengunjungi destinasi wisata tepi sungai misalnya Pulau Kemaro, Kampung Arab, BKB dan Kampung Baba Boentjit. 

"Memang bus air itu nanti peruntukannya untuk masyarakat umum, tapi prioritas kami lebih ke tamu asing," ujar Isnaini. 

Setelah Asian Games 2018 nanti, bus air tersebut akan digunakan sebagai  transportasi umum dengan tetap mengutamakan keperluan pariwisata. 

"Fungsinya akan sama seperti bus di darat, akan ada dermaga khusus pemberhentian, ada rutenya, dan bus air tersebut bukan by request atau digunakan kalau ada yang butuh saja," terangnya. 

Isnaini berharap beban jalan darat akan berkurang seiring dengan operasional bus air yang dapat membantu persoalan transportasi di Kota Palembang.