Wanita diingatkan tak menahan kencing saat mudik demi cegah ISK

id infeksi saluran kemih,isk saat mudik,menahan berkemih,malas minum air,Arus mudik

Wanita diingatkan tak menahan kencing saat mudik demi cegah ISK

Arsip foto - Petugas berjalan di depan toilet portabel di tempat istirahat sementara jalur fungsional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Tempat istirahat yang dilengkapi fasilitas toilet, pengisian bahan bakar, dan minimarket itu guna memberikan kenyaman bagi pemudik yang melintasi jalur fungsional tersebut. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis urologi dr Ima Nastiti Setyaningsih, Sp.U mengingatkan para wanita agar tak menahan buang air kecil atau kencing terlalu lama dan malas minum air putih saat mudik demi mencegah terkena infeksi saluran kemih (ISK).

"Dalam perjalanan tak jarang kita hanya fokus untuk mengejar waktu sampai, hingga mengabaikan kebutuhan dasar seperti mencukupi asupan makanan, cairan, bahkan kebutuhan untuk buang air kecil," katanya  dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Ima mengatakan, ISK terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke dalam traktus urinarius melalui uretra dan berkembang biak di dalam kampung kemih.

Meskipun sistem berkemih dirancang untuk menghambat masuknya bakteri, kadang-kadang mekanisme pertahanan tersebut gagal. Hal ini dapat terjadi pada saat kondisi tubuh seseorang sedang tidak "fit".

 
Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya mengerahkan sebanyak 32 mobil toilet yang disebar di 27 lokasi tersebar di rest area jalan tol, SPBU dan pos siaga mudik Kementerian PUPR di jalan non tol. ANTARA/HO-Kementerian PUPR