Rutan Baturaja dapat bantuan alat olahraga

id rutan baturaja,lp, lapas, rutan baturaka terima bantuan alat olaraga, dispora bantu alat olahraga rutan oku, warga binaan, penjara

Rutan Baturaja dapat bantuan alat olahraga

Kepala Rutan Baturaja Herdianto menerima bantuan alat-alat olahraga dari Kadis Dispora OKU. (ANTARA Sumsel/17/Edo Purmana/I016)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Rumah Tahanan Kelas II B Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mendapat bantuan alat olahraga dari Dinas Pemuda dan Olahraga setempat untuk menjaga kesehatan warga binaan di lembaga pemasyarakatan itu.

"Bantuan alat olahraga ini langsung diberikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ogan Komering Ulu di Rumah Tahanan setempat," kata Kepala Rutan Kelas II B Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Herdianto di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, belum lama ini pihaknya mengajukan bantuan peralatan olahraga yang diajukan ke dinas terkait karena warga binaan di lapas tersebut kekurangan alat untuk berolahraga.

"Alhamdulillah sesuai permintaan kami menerima bantuan alat olahraga berupa satu net dan satu bola voli dari Dispora," kata Herdianto.

Menurut dia, meskipun bantuan yang diterima itu mungkin dinilai tidak begitu besar, namun bagi warga binaan cukup bernilai dan sangat bermanfaat untuk berolahraga dalam menjaga kesehatan selama menjalani proses hukuman.

"Warga binaan sangat senang mendapat bantuan tersebut. Sebab, untuk berolahraga pihak Rutan kekurangan peralatannya, sedangkan sarana itu sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mereka," ungkapnya.

Dia mengemukakan, aktivitas yang dilakukan warga binaan selama menjalani proses hukuman di Rutan Kelas II B Baturaja selain melaksanakan kegiatan kerohanian juga melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. 

"Kami berusaha secara maksimal menciptakan suasana senyaman mungkin di dalam lapas meskipun keterbatasan fasilitas peralatan olahraga tersebut," ungkapnya.

Kepala Dispora Ogan Komering Ulu Topan saat menyerahkan peralatan olahraga di Rutan Kelas II B Baturaja mengungkapkan bantuan yang diberikan tersebut sesuai permintaan dari pihak lapas. 

"Kami memberikan sesuai permintaan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para tahanan di Rutan ini," katanya.

Sementara menurut salah seorang narapidana Rutan Kelas IIB Baturaja, Ebeng saat dikonfirmasi secara terpisah mengaku sangat senang karena untuk berolahraga saat ini para tahanan sudah memiliki peralatannya.

"Alat olahraga ini sangat bermanfaat bagi untuk kami gunakan bermain bola voli saat sore hari bersama tahanan lainnya," kata dia.