Pasang laut membalong lebih dua meter

id lautm, air pasang, bmkg, nelayan, mencari ikan, Membalong, babel, pangkalpinang

Pasang laut membalong lebih dua meter

Dokumentasi- Nelayan dihadang gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Membalong, Kabupaten Belitung mencapai dua meter lebih pada Minggu (19/11).

"Ketinggian pasang air laut di Membalong diprakirakan dapat mencapai 2,18 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Sabtu.

Selain di Membalong, ketinggian pasang air laut di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter dan relatif aman.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 1,80 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,75 meter, dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,83 meter.

Kemudian di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,20 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,30 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,20 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau warga ataupun wisatawan agar tetap mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Rizki.

Pada kesempatan itu BMKG Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung masih normal dan relatif aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, Selatan Bangka, dan Utara Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 1,0 meter.

"Kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan dan juga nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali gelombang signifikan," ujar Rizki Adzani.

Sementara itu BMKG juga mengimbau agar mewaspdai awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 10 sampai 35 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut dan dari Selatan ke Barat.

Cuaca di daratan Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Minggu diprakirakan cerah berawan, berawan, dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir pada beberapa wilayah terutama pada pagi dan sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung, sedangkan hujan sedang hingga lebat yang disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan terutama pada pagi dan sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam, dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.