Standarisasi produk UMKM harus diutamakan

id UMKM, usaha, usaha mikro, usaha rintasan, star up, pasar, pasar bebas, industri kreatif

Standarisasi produk UMKM harus diutamakan

Wirausaha muda pemilik Pempek Meledos, Dedy Kurniawan menunjukkan produk kulinernya panganan khas pempek. (Foto Antarasumsel.com/16/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN Kementerian Luar Negeri Ade Putranto mengatakan standarisasi produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah harus lebih diutamakan dalam menghadapi era pasar bebas.

"Karena mutu yang baik akan meningkatkan nilai tambah dan daya saing," kata Ade Putranto di Palembang, Selasa, pada acara Pemanfaatan Kesepakatan Bidang Perikanan di ASEAN sebagai upaya peningkatan akses pasar perikanan ke Asia Tenggara.

Ia mengatakan, pada era pasar bebas harus meningkatkan daya saing supaya produk semakin diminati. Selama ini bukan saja standar mutu yang diutamakan tetapi akses pasar harus lebih luas.

Selain itu mata rantai pasok pasar global masih lemah dalam dalam memasarkan produk. Sehubungan dengan itu sudah menjadi tugas bersama untuk dalam meningkatkan daya saing tersebut, kata dia.

"Di sini peran serta pemerintah provinsi, serta kabupaten dan kota untuk melakukan pembinaan, seperti pelatihan supaya produk yang dihasilkan memiliki standar mutu," ujarnya.

Namun yang lebih penting lagi penyederhanaan registrasi sehingga pelaku usaha semakin berkembang. Diplomasi ekonomi memang masih menjadi salah satu prioritas meningkatkan pemasaran dalam pasar bebas itu terus dilakukan.

Peluang itu akan mampu digapai karena Indonesia sebagai negara maritim sehingga produk yang dihasilkan mampu bersaing di pasar global, tambah dia.