Akhirnya masyarakat Desa Air Sugihan menikmati listrik

id listrik, pln,masyarakat, desa air sugihan, pltm, plts, ogan komering ilir, penerangan listrik

Dokumentasi - Jaringan Listrik (FOTO ANTARA Sumsel/Awi)

....Sejak dibuka transmigrasi pada tahun 1982 silam, wilayah ini jauh terbelakang karena tidak ada aliran listrik. Kini tidak lagi....
Kayuagung  (ANTARA Sumsel) - Sejumlah desa di kawasan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir mulai dialiri listrik setelah kurang lebih 30 tahun tidak mendapatkan infrastruktur penerangan ini.

Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar di Kayuagung, Minggu, mengatakan pemkab bekerja sama dengan PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (SS2JB) menjalankan program pengentasan keterbelakangan energi di masyarakat desa.

"Sejak dibuka transmigrasi pada tahun 1982 silam, wilayah ini jauh terbelakang karena tidak ada aliran listrik. Kini tidak lagi," kata Iskandar.

Pembangunan Jaringan listrik desa yang dimulai sejak tiga lalu itu menjadi berkah tersendiri bagi warga Air Sugihan OKI karena dapat merasakan listrik 24 jam penuh.

Mahdi Harjo (70) Warga Desa Tirta Mulya Jalur 23 Air Sugihan mengaku sangat bersyukur listrik PLN sudah masuk ke desa mereka sehingga mereka sudah tidak menggunakan genset lagi.

"Sebelum adanya PLN, kami menggunakan genset yang hidupnya kurang dari 10 jam sekarang bisa menyala lebih dari 10 jam, serta menghemat biaya penerangan per bulannya," ujar kakek 14 cucu ini.


Transmigran asal Cilacap Jawa Tengah yang sudah menempati Air Sugihan sejak 35 tahun lalu ini mengakui semakin banyak kemajuan yang dia dan keluarganya rasakan di Air Sugihan ditambah lagi program membangun desa yang dicanangkan bupati Iskandar.

"Desa-desa semakin giat membangun, tunjangan perangkat desa juga semakin meningkat tidak seperti zaman kami dulu," kata mantan kepala Desa Tirta Mulya periode 1985 sampai tahun 1990 ini.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kabupaten OKI Man Winardi mengatakan melalui program listrik desa pemerintah daerah ini  bersama PLN Wilayah Sumsel Jambi dan Bengkulu (SS2JB) telah membangun jaringan tegangan rendah dan tegangan sedang sepanjang 197,928 meter sirkit (ms) untuk mengaliri listrik 18 desa di Kecamatan Air Sugihan.

Pada 2013 dibangun 123.306 ms jaringan listrik desa pada delapan desa, sedangkan pada 2014 sepanjang 58,122 ms dienam desa dan 2015 sepanjang 16.500 ms diempat desa.

"Untuk Desa Sungai Batang yang berada di pesisir pantai akan diterangi dengan bantuan unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)," kata dia.

Selain Kecamatan Air Sugihan, pada tiga tahun terakhir, Pemkab OKI bersama PLN sudah menerangi Tiga Kecamatan lain, yaitu Kecamatan Pedamaran Timur, Sungai Menang dan Cengal.


Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar