Pemkot gandeng seniman kembangkan kawasan pedestrian Palembang

id pedestrian, kawasan Jalan, Jenderal Sudirman, pejalan kaki, Harobin Mustafa, Pemkot Palembang, tempat wisata malam

Pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman Palembang dimalam hari (Antarasumsel.com/Aziz Munajar)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang menggandeng pekerja seni untuk mengembangkan kawasan pedestrian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman yang selama ini sepi atau tidak ada aktivitas pada malam hari.

"Kawasan pejalan kaki/pedestrian Jalan Sudirman setelah dilakukan renovasi dan diperindah dengan taman dan tempat duduk, dalam beberapa bulan terakhir mulai ramai dan menjadi tempat pertunjukan seni serta menggelar dagangan aneka makanan khas kota ini," kata Sekda Palembang, Harobin Mustafa di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

Menurut dia, respon positif masyarakat terhadap upaya Pemkot Palembang menghidupkan suasana terutama pada malam hari di kawasan pedestrian itu, akan disikapi dengan terus melakukan pengembangan kawasan itu.

Selain melakukan pembenahan dan penataan kawasan pedestrian di dalam kota ini, pihaknya juga berupaya menambah fasilitas pendukung yang dapat dimanfaatkan pekerja seni untuk berkreasi dan mengekspresikan bakat seninya menghibur masyarakat.

Selain bisa memfasilitasi pekerja seni, dengan pengembangan kawasan pedestrian itu diharapkan dapat menambah daya tarik warga kota untuk melakukan aktivitas dan menikmati suasana kota atau mencari hiburan di malam hari.

Dia menjelaskan, sekarang pihaknya hanya mampu melakukan penataan kawasan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman mulai dari Pasar Cinde hingga Bundaran Air Mancur depan Masjid Agung Sulatan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kawasan pedestrian itu akan diupayakan dikembangkan di jalan protokol lainnya sehingga tidak hanya meramaikan suasana di malam hari, tetapi juga dapat mengembalikan fungsi pedestrian sebagai kawasan nyaman bagi pejalan kaki sekaligus tempat bersantai dan wisata.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan, Pemkot Palembang diminta untuk memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah Asian Games melakukan pembenahan dan peningkatan sarana dan prasarana perkotaan.

"Ibu kota provinsi ini terus melakukan berbagai persiapan sebagai tuan rumah ajang olahraga negara-nagara kawasan Asia pada 2018, sekarang ini sedang dibangun infrastruktur transfrotasinya modern kereta api ringan (LRT), kegiatan pembangunan itu harus diimbangi dengan penataan wajah kota," ujar Alex.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar