Pemkot Palembang tanam pohon di kawasan wisata Taman Purbakala

id Pemkot Palembang, tanam pohon, pohon, kawasan wisata, taman purbakala, TPKS

Pemkot Palembang tanam pohon di kawasan wisata Taman Purbakala

Kegiatan penanaman pohon di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan penanaman pohon penghijauan di kawasan objek wisata Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) untuk mendukung pelestarian lingkungan dan pengembangan ruang terbuka hijau.

Kegiatan penanaman pohon oleh pegawai Pemkot Palembang bersama prajurit Kodim 0418 di kawasan objek wisata sejarah TPKS Palembang, Senin, dipimpin Penjabat Wali Kota Ratu Dewa.

Ratu Dewa pada kesempatan itu mengajak semua pemangku kepentingan untuk menggencarkan penanaman pohon.

"Area Kota Palembang sangat terbatas kawasan yang dapat ditanami pohon, untuk itu saya mengajak semua stakehokder (pemangku kepentingan) yang memiliki lahan yang masih kosong untuk ditanami aneka jenis pohon," ujarnya.

Dia menjelaskan gerakan menanam pohon salah satu upaya penting mewujudkan pelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran.

Penanaman pohon, kata dia, memiliki manfaat besar selain untuk penghijauan atau memperindah wajah kota juga untuk kesehatan.

Pohon penting untuk kesehatan karena dapat menyerap berbagai macam polusi udara, terutama karbon dioksida yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor dan pabrik sehingga udara menjadi bersih.

Dengan banyak pohon, dia mengharapkan, udara di "Bumi Sriwijaya" --sebutan Kota Palembang--  menjadi bersih dan sehat karena menghasilkan oksigen dan dapat meredam dampak emisi karbon serta gas rumah kaca.