Cara TNI jaga kawasan laut IKN

id TNI ,AL,IKN ,Maritim ,Kawasan IKN ,ALKI II,berita palembang, berita sumsel

Cara TNI jaga kawasan laut IKN

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo saat memimpin langsung penangkapan pencurian batu bara. (ANTARA/ist)

Jakarta (ANTARA) - Pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) yang berlokasi di kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, hingga kini terus berlangsung.

Beberapa bangunan strategis milik pemerintah pun sudah mulai dibangun dari mulai Istana Negara hingga beberapa gedung pemerintahan.

Para investor berlomba memupuk uang di IKN dengan membangun beberapa fasilitas penunjang, seperti rumah sakit dan sebagainya.

Di tengah pembangunan fisik yang tengah berlangsung di darat, pemerintah juga menaruh perhatian khusus akan pengawasan kawasan laut.

Kawasan laut IKN menjadi wilayah yang strategis lantaran merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang melewati Selat Lombok, Selat Makassar dan Laut Sulawesi.

Provinsi Kalimantan Timur menilai posisi ALKI II sangat strategis untuk pengembangan perekonomian dan industri di provinsi itu.

Pasalnya, banyak aktivitas perekonomian berlangsung di jalur laut ALKI II, seperti keluar masuk kapal petikemas dari dalam maupun luar negeri, hingga kegiatan nelayan.