Pemprov Sumsel sediakan ribuan blanko KTP eletronik

id kTP eletronik, Septiana Z, blanko ktp elektronik, pembuatan ktp, kartu tanda penduduk, Pencatatan Sipil Sumsel

Disdukcapil Palembang mulai cetak E-KTP mandiri (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan 118.000 blanko KTP elektronik supaya perekaman tanda pengenal itu pencetakaanya tidak menjadi masalah.

"Selama ini memang blanko kurang, tetapi pihaknya minta pada pemerintah pusat dan dukomen itu sudah tersedia," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sumsel Septiana Z di Palembang, Senin.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan blanko KTP elektronik itu, ujar dia.

Memang, lanjut dia, dalam penyuplaian blanko tersebut sesuai permintaan daerah atau kebutuhan.

Selain itu blanko yang sudah dikirim terdahulu harus ada pertanggungjawaban supaya pengiriman selanjutnya dapat direalisasikan kembali.

Pembuatan KTP elektronik penting karena itu untuk mengetahui jumlah penduduk, ujar dia.

Selain itu dengan adanya KTP elektronik maka jenis kelamin dan penduduk dapat akses secara berjaringan atau online, kata dia.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten dan kota harus dimaksimalkan lagi.

Hal ini karena akhir 2017 semua perekaman penduduk sudah rampung karena Sumsel akan melaksanakan Pilkada serentak, tambah dia.

Selain itu pentingnya KTP elektronik tersebut sebagai tertib administrasi dan menghindari kartu pengenal ganda, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar