Menpan : Penerimaan CPNS disesuaikan kebutuhan

id menpan, menpan azwar abubakar

Menpan : Penerimaan CPNS disesuaikan kebutuhan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan, penerimaan calon pegawai negeri sipil akan disesuaikan dengan kebutuhan kabupaten dan kota termasuk provinsi.

"Jadi setiap penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah," kata Menteri Azwar Abubakar kepada wartawan usai menghadiri sosialisasi reformasi birokrasi di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, untuk tahun ini pihaknya akan menerima calon pegawai negeri sipil sekitar 100.000 orang,  nantinya akan ditempatkan di kabupaten dan kota yang mengusulkan.

Menurut dia, dari jumlah tersebut 35.000 di antaranya untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) juga nantinya akan ditempatkan sesuai kebutuhan.

Namun,  mengenai jumlah setiap daerah pihaknya masih menunggu usulan dari pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota.

Sementara mengenai seleksi CPNS sendiri, menurut dia, pihaknya akan memaksimalkan lagi sehingga penerimaannya benar-benar bebas dari praktek kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN).

Pihaknya sedang menyiapkan seleksi penerimaan CPNS itu dengan melakukan kerja sama dalam pemeriksaan, katanya tanpa menyebutkan kerja sama dengan pihak mana.

Penerimaan CPNS tahun ini terutama dalam pengawasan akan dimaksimalkan sehingga akan memperoleh pegawai yang memiliki kinerja sesuai dengan harapan.

Ia mengatakan, saat pelaksanaan tes CPNS nantinya setiap lembar jawaban akan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk mempermudah pengawasan.

Hal ini supaya penerimaan CPNS nanti benar-benar bebas dari unsur KKN dan yang diterima juga sesuai dengan kemampuan serta pesyaratan ditentukan.

"Mudah-mudahan pagawai yang diterima nanti sesuai dengan kreteria yang dibutuhkan sehingga nantinya lebih efisien," katanya.