20 Provinsi ikuti Kemilau Nusantara 2012

id kemilau nusantara 2012

20 Provinsi ikuti Kemilau Nusantara 2012

Salahsatu kegiatan pada parade seni Kemilau Nusantara (FOTO ANTARA)

Bandung (ANTARA Sumsel) - Dua puluh provinsi dipastikan mengikuti kegiatan "Kemilau Nusantara 2012" yang akan digelar di  Bandung tepatnya di depan Gedung Sate pada 5-7 Oktober 2012.

"Berdasarkan pendaftaran terakhir, sebanyak 20 provinsi dan 21 kabupaten/kota di Jabar akan ikut pada Kemilau Nusantara 2012," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Nunung Sobari di Bandung, Selasa.

Kegiatan yang bertemakan "Gemerlap Budaya Nusantara" selain akan menggelar helaran seni budaya Nusantara, juga akan diisi dengan pameran dan lomba foto.

Nunung menyebutkan, jumlah peserta Kemilau Nusantara 2012 ini sesuai dengan target dan pendaftaran telah ditutup pada Minggu (30/9).

Provinsi yang akan ambil bagian adalah Nangroe Aceh Darussalam, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Papua Barat dan tuan rumah Jabar.

Nunung menyebutkan, dengan ditetapkannya tahun 2009 sebagai tahun Indonesia Kreatif, dimana seni budaya diharapkan dapat menjadi salah satu tiang penyangga ekonomi kreatif, sangat tepat jika berbagai hasil ungkapan kreatifitas anak bangsa itu ditampilkan dalam suatu pergelaran berupa karnaval atau pawai budaya dalam helaran Kemilau Nusantara 2012.

"Helaran massal ini akan menampilkan kekayaan berbagai bentuk ungkapan seni budaya yang dimiliki berbagai provinsi di Indonesia ditambah penampilan seni budaya dari 26 kota/kabupaten se-Jawa Barat, baik berupa tari, musik, teater, pakaian khas yang diramu sedemikian rupa sehingga menjadi tontonan yang menarik," katanya.

Selain helaran, lanjutnya, Kemilau Nusantara ini juga akan menampilkan berbagai produk unggulan, kuliner, kerajinan, informasi pariiwisata serta lomba foto dengan objek-objek yang ada di helaran Kemilau Nusantara.

"Helaran dan produk-produk ini tidak hanya dari kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat saja, tapi juga beberapa provinsi dan peserta dari luar negeri akan ada yang ikut serta," kata Nunung.

Ia menyebutkan Kemilau Nusantara tahun ini bisa memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai cultural bagi masyarakat agar dapat menghargai warisan budayanya.

Juga untuk menumbuhkan sikap saling mengenal, memahami, menghargai potensi-potensi keragaman seni budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Diharapkan juga akan memberikan alternatif model bagi industry budaya dan pariwisata yang pada gilirannya dapat menjadi even tahunan dan mendatangkan devisa.

Ia mengatakan rencananya helaran Kemilau Nusantara tahun ini akan dilaksanakan Sabtu 6 Okober 2012, pada pagi hari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.  Sedangkan, pameran 5-7 Oktober 2012, di sekitar area Gedung Sate pukul 10.00-21.00 WIB.  Sedangkan lomba foto dilaksanakan 6 Oktober dari pagi hingga malam hari.
(U.S033/Y003)