Mahasiswa Unsri antusias dialog dengan Dubes AS

id unsri, dialog, dubes as

Palembang,  (ANTARA News) - Mahasiswa Universitas Sriwijaya antusias berdialog dengan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Scort Marciel sebagai pembicara mengenai pendidikan dalam kunjungannya ke Sumatera Selatan.

Duta besar AS untuk Indonesia itu menjadi pembicara di hadapan mahasiswa Unsri dalam kunjungannya ke Palembang, Kamis yang didampingi Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan hadir pula Rektor Unsri Prof Dr Badia Parizade.

Sebelum menjadi pembicara di hadapan para mahasiswa Unsri, Dubes AS itu melakukan silaturahmi dengan para alumni asal Amerika Serikat yang ada di perguruan tinggi negeri tersebut.

Guru Besar Unsri, Prof Dr Diemroh Ihsan PhD mengatakan, alumni AS yang ada di perguruan tinggi negeri itu sekitar 100 orang.

Para alumni AS itu semua dosen Unsri, dan selama ini ada seminar setiap tahunnya yang dilakukan persatuan Alumni AS, katanya.

Kerja sama yang diberikan oleh Pemerintah AS itu di bidang pendidikan untuk membantu para mahasiswa yang belajar di negeri Paman Sam tersebut.

Sekarang ini ada lima orang dan pada tahun lalu juga ada yang belajar di AS dan negara lainnya, jelasnya.

Hampir setiap tahun Unsri mengirim dosen untuk belajar ke luar negeri khususnya AS untuk mengikuti program doktor.

Kerja sama yang dilakukan selama ini pada umumnya mengenai seminar, kata dia.

Sementara Rektor Unsri, Prof DR Badia Parizade mengatakan, kehadiran Dubes AS untuk Indonesia itu diharapkan dapat meningkatkan jalinan kerja sama yang telah dibina selama ini.

Unsri sudah sering mengirimkan dosen dan mahasiswa belajar ke Amerika Serikat, dan kehadiran Dubes itu hendaknya lebih banyak lagi sumber daya manusia dari perguruan tinggi negeri yang menimba ilmu ke negara Paman Sam tersebut.

Dengan adanya kunjungan Dubes tersebut, akan dapat memacu sumber daya manusia di daerah ini untuk meningkatkan kualitas dengan belajar ke luar negeri, kata dia.

Jadi, pemerintah AS ingin supaya para dosen bisa belajar di negara tersebut, tutur dia.

Sebelumnya Dubes AS itu juga melakukan kunjungan ke perusahaan milik AS di Kabupaten Musi Banyuasin yakni Conoco Philip dan Cargil menggunakan heli.

Selanjutnya bertemu para alumni AS di Unsri dan menjadi pembicara di hadapan mahasiswa dan juga berdiskusi, serta ramah tamah dengan siswa dan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 di Palembang.
(ANT-SUS)