Jatim raih emas beregu Putra

id tenis, medali emas tenis, perolehan emas sementara, pon

Jatim raih emas beregu Putra

Ilustrai- Olaraga Tenis(ANTARA FOTO)

Bandung (ANTARA Sumsel) - Tim tenis Jawa Timur meraih medali emas nomor beregu putra mengalahkan wakil tuan rumah Jawa Barat dengan skor 7-5, 3-6 tie break 10-0 pada final di Lapangan Tenis Taman Maluku Kompleks GOR Saparua, Bandung, Jumat.

Tim Jatim yang diperkuat Roy Cahyo/Anthony Susanto menaklukkan tim tuan rumah Jawa Barat yang diperkuat Tio Juliandi/C Alvin E tim Jatim dalam pertarungan sengit selama dua jam.

Bertanding dihadapan pendukung sendiri membuat tim tuan rumah Jawa Barat tampil bersemangat dengan langsung mencetak triple break point 40-0.

Tak mau ketinggalan, tim Jatim yang mulai panas berupaya menyamakan kedudukan pada game ke-2, memanfaatkan lemahnya permainan netting tim Jabar. Skor pun berubah menjadi imbang 1-1.

Pada game berikutnya, kejar mengejar angka kembali terjadi. Tim Jatim yang tertinggal selalu dapat menyamakan kedudukan.

Hingga game ke-10, permainan masih berlangsung imbang 5-5.

Namun, ada game ke-11, pasangan Jatim mampu keluar dari tekanan memanfaatkan menurunnya performa Tio. Pukulan backhand tanggung langsung disambar Roy sehingga untuk kali pertama sejak awal game, Jatim unggul menjadi 6-5.

Situasi tidak kondusif ini masih berlanjut pada game berikutnya yang merupakan penentuan. Pengembalian bola Tio menyangkut di net sehingga set pertama menjadi milik Jatim dengan skor 7-5.

Memasuki set kedua, kembali kedua tim saling kejar mengejar angka. Hingga game ke-4, skor masih imbang 2-2.

Pada game berikutnya semangat tim tuan rumah yang didudung oleh ratusan suporter mulai meningkat kembali.

Tiga game langsung direbut Jawa Barat seiring dengan membaiknya permainan Tio. Bahkan pada game ke-7, Nuradim/Tio berhasil mencetak triple break point sehingga skor berubah 5-2.

Pasangan Jatim sempat memberikan perlawanan dengan mencuri game ke-8, namun permainan apik Tio/Nuradim belum mampu dipatahkan Jatim.

Pada game penentuan set kedua, Jatim gagal mencetak break saat poin 40-30 saat pukulan penyilang Anthony terlalu melebar sehingga harus merelakan set kedua bagi tuan rumah, 3-6.

Untuk menentukan pemenang, pertandingan harus menempuh tie break 10.

Mengejutkan, Jabar yang bangkit pada set kedua dibuat Jatim tidak berkutik dengan langsung mencetak poin 10-0. Permainan cepat dan bertenaga menjadi kunci kemenangan Anthony/Roy.

Atas hasil ini pasangan Jabar yang diperkuat Nuradim/Tio langsung tertunduk lesu dengan harus puas pada tempat kedua.

Pelatih Jawa Timur David Agung Susanto mengatakan sejak awal mewanti-wanti anak asuhnya untuk fokus.

"Saya juga memberikan kebebasan bagi Roy untuk berimprovisasi, dan terbukti berhasil karena banyak poin tak terduga disumbangkannya," kata dia.

Sementara Anthony sangat bersukacita atas hasil ini, apalagi PON Jabar menjadi kesempatan pertamanya bersama Roy.

"Saat tiga poin beruntun tercipta di masa tie break, kami melihat Jabar langsung down, dan disini kesempatan kami untuk mengalahkan," kata dia.

Sementara itu, pada perebutan medali nomor beregu putri ini, medali emas juga menjadi milik Jatim dan DKI pada tempat kedua, sementara medali perunggu menjadi milik Jabar dan Papua.