Di PON, Sumut siap dulang emas dari cabang beladiri

id PON 2024,KONI Sumatera Utara, Medali PON 2024,Target PON 2024

Di PON, Sumut siap dulang emas dari cabang beladiri

Wakil Ketua KONI Sumut Agung Sunarno (ANTARA/Juraidi)

Medan (ANTARA) - Sumatera Utara mengandalkan cabang-cabang olahraga bela diri sebagai tambang medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 agar bisa masuk lima besar dalam ajang olahraga akbar di Indonesia itu, kata Wakil Ketua KONI Sumatera Utara Agung Sunarno di Medan pada Senin.

Agung mengungkapkan cabang-cabang olahraga yang sebelum ini menjadi andalan mendulang emas itu adalah karate, pencak silat, taekwondo, tinju, gulat, dan judo.

"Kita berharap tradisi itu dapat terus terjaga dan tentunya kita harus tetap bekerja keras agar perolehan emas tetap dijaga," kata Agung.

Pada PON kali ini sejumlah atlet Indonesia dalam SEA Games 2023 Kamboja dipastikan  membela Sumatera Utara sehingga mendongkrak perolehan medali tuan rumah PON 2024 itu.

Agung lalu menyebut nama-nama seperti Toni Kristian Hutapea, Aprilia Eka Putri dan Fransiskus Sinaga pada kick boxing, Rosa Beatrice Malau, Harris Horatius, Samuel Marbun, Nicholas dari wushu, Faisal Haolomoan Siahaan dan Dessyinta Banurea dari karate, dan Sarohatua L.Tobing pada tinju.