Pramuka harus berpartisipasi langsung lestarikan lingkungan

id sekda, pramuka, lingkungan, pegiat lingkungan, mukti sulaiman

Pramuka harus berpartisipasi langsung lestarikan lingkungan

Sekda Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan H Mukti Sulaiman minta anggota pramuka untuk berpartisipasi langsung dalam melestarikan lingkungan.

"Sebagai generasi penerus harus peduli terhadap lingkungan terutama anggota pramuka," kata Sekda saat membuka acara pelatihan peduli lingkungan di Palembang, Rabu.

Sekda yang juga Kakwarda Gerakan Pramuka Sumsel itu mengatakan, sebagai anggota pramuka maka keperdulian terhadap lingkungan harus lebih diutamakan.

"Jadi sebagai generasi muda maka anggota pramuka dapat berpatisipasi langsung dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui pemanfaatan dan pengelolaan yang sesuai dengan prosedur," ujar dia.

Sehubungan dengan itu anggota pramuka harus diberikan pembekalan bagaimana pengelolaan lingkungan hidup sekaligus ada rasa peduli dengan lingkungan.

Menurt dia, gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan yang dalam tugas pokoknya selalu diarahkan untuk melaksanakan pembinaan generasi muda agar lebih baik atau mampu melaksanakan kewajiban terhadap tuhan dan negara, ujar dia.

Langkah tersebut sebagai rangkaian momen yang tepat untuk menghayati, mengamalkan, dan menjadikan dasa darma pramuka sebagai salah satu rambu dalam kehidupan sehari-hari.

Maka pramuka juga harus diberikan pembekalan supaya adanya rasa peduli dengan lingkungan, sebab dengan adanya pembekalan maka rasa peduli terhadap lingkungan akan tertanam terhadap anggota pramuka, kata dia.

"Lingkungan harus selalu lestari dan itu harus dijaga semua pihak terutama anggota pramuka," tambah dia.