Bupati OKU minta Pramuka berkiprah di masyarakat

id HUT Pramuka, garda terdepan, budaya luhur, Bupati OKU, DPRD OKU

Bupati OKU minta Pramuka berkiprah di masyarakat

Ketua DPRD OKU, H Marjito Bachri dampingi Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah menghadiri peringatan HUT Pramuka ke-62 tahun 2023 di Taman Kota Baturaja, Senin (14/8/2023). ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan Teddy Meilwansyah berharap Pramuka terus berkiprah di tengah masyarakat, baik dari sisi sosial, pembangunan, dan kemasyarakatan.

"Pada Hari Pramuka ke 62 tahun ini saya berharap keberadaan Pramuka bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Teddy saat memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 di Taman Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Senin.

Bupati berharap substansi dari kegiatan Pramuka bukan hanya sekedar kegiatan semata, tetapi bagaimana kegiatan ini punya makna dan bisa dirasakan masyarakat luas.

Untuk itu, substansi dari Pramuka harus ditanamkan sejak dini mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Orang tua pun diharapkan dapat mendorong anak-anaknya untuk aktif mengikuti kegiatan Pramuka di sekolah masing-masing, sehingga tercipta anak-anak didik yang berkarakter di tengah masyarakat.

"Selama ini Pramuka Kabupaten OKU telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat dan hal itu diharapkan dapat dilanjutkan hingga di masa yang akan datang," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD OKU Marjito Bahri menambahkan, Pramuka telah mencapai usia ulang tahunnya yang ke- 62 tahun dan kiranya dapat mengikuti perkembangan, serta kemajuan zaman sehingga dalam pembinaan fisik dan mental mampu melahirkan pemimpin yang mencintai NKRI.

Terlebih lagi, pada zaman yang serba modern dan maju ini, Pramuka bisa menjadi barisan garda terdepan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Gerakan pramuka harusnya juga mampu membendung pengaruh budaya-budaya luar yang saat ini hampir mendegrasi struktur moral dan budaya luhur bangsa kita,” tegasnya.