Sumsel target tembus empat besar PON Jabar

id pon, pon jabar

Sumsel target tembus empat besar PON Jabar

Kontingen pon sumsel (ilustrasi Foto ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan menargetkan menembus babak empat besar pada Pekan Olahraga Nasional IX di Jawa Barat tahun 2016.

Sekretaris tim PON Sumsel Achmad Haris di Palembang, Sabtu, mengatakan bahwa target itu cukup realistis karena tim diperkuat oleh sejumlah pemain muda berpengalaman yang telah memperkuat Sriwijaya FC.

Selain itu, tim juga diarsiteki pelatih berpengalaman Rudy Keltjes yang sudah membesut tim sejak satu tahun terakhir.

"Menghadapi PON Jabar, persiapan Sumsel tidak main-main dengan menggelar pemusatan latihan sejak setahun terakhir. Pada tahun 2016 sudah direncanakan beberapa uji coba," kata Haris.

Tim yang diperkuat Manda Cingi, Ichsan Kurniawan, Teja Paku Alam, Hapit Ibrahim, dan Zalnando ini meraih tiket ke PON pada ajang prakualifikasi di Pekan Olahraga Wilayah di Bangka Belitung, belum lama ini.

Sumsel terakhir kali mengikuti PON saat menjadi tuan rumah pada tahun 2004 dengan mendapatkan "wild card".

Kemudian, dalam dua kali penyelenggaraan PON, yakni PON Kaltim 2008 dan PON Riau 20112, Sumsel selalu gagal mendapatkan tiket pada ajang prakualifikasi.

Menurut Haris, kegagalan itu disebabkan program pembinaan atlet usia muda yang tidak berjalan dengan baik di kabupaten/kota.

"Belajar dari kegagalan itu, Sumsel mulai memberdayakan putra daerah yang sudah dibina sejak usia belia, terutama atlet-atlet yang bersekolah di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya," kata dia.