Tes kesehatan-fisik atlet PON Sumsel berikan informasi penting untuk tingkatkan performa

id sumsel, pon xxi/2024, koni sumsel

Tes kesehatan-fisik atlet PON Sumsel berikan informasi penting untuk tingkatkan performa

Kegiatan workshop pelatih PON XXI/2024 Sumsel yang digelar di Aula KONI Sumsel di Palembang. (ANTARA/HO/KONI Sumsel)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Hasil tes kesehatan dan fisik atlet PON XXI/2024 Sumatera Selatan berikan banyak informasi bagi pelatih yang menangani atlet yang bersangkutan  pada pemusatan latihan sekaligus memetakan peluangnya meraih medali, kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sumatera Selatan Prof Iyakrus pada kegiatan workshop pelatih PON XXI/2024 Sumsel di Palembang, Sabtu.

"Jelas hasil tes kesehatan dan fisik atlet memberikan banyak informasi bagi seorang pelatih, bagaimana untuk menangani dan meningkatkan performa atlet di ajang PON XXI/2024 nanti," kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sumatera Selatan Prof Iyakrus pada kegiatan workshop pelatih PON XXI/2024 Sumsel di Palembang, Sabtu.

Hasil tes kesehatan dan fisik memberikan informasi kebugaran dan kondisi atlit untuk selanjutnya  disesuaikan dengan program latihan agar efektif dan tepat.

Selain itu juga memberikan masukan kepada para pelatih dan tim pendukung di tiap cabang olahraga untuk menyusun program latihan terukur dan dilakukan evaluasi secara intensif.

"Kami sudah memiliki hasil tes kesehatan dan fisik atlet, dan seuanya diinformasikan ke pelatih masing-masing. Apa yang masih kurang disempurnakan dalam latihan nanti," kata Prof Iyakrus.

Pertengahan Maret 2024 lalu, tepatny 16-21 Maret KONI Sumsel telah melakukan program test kesehatan yang diikuti 332 atlet yang sudah dinyatakan lolos ke PON XXI/2024.

Pemetaan kekuatan atlet Sumsel dan daerah lain juga sudah dilakukan baik untuk cabang olahraga terukur, permainan, aquatik, bela diri dan lainnya.


"Pemetaan atlet sudah dilakukan, upaya-upaya meningkatkan performa terus dilakukan, salah satunya melalui tes kesehatan dan fisik atlet. Semuanya wajib," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum 1 KONI Sumsel, Dr Arianto yang menyatakan  tes fisik dan kesehatan para atlet dibagi menjadi 5 kelompok berdasarkan kategori masing-masing.

"VO2Max atlet di tiap cabang mungkin berbeda-beda, semua nantinya akan disesuaikan dengan cabang olahraga masing-masing. Kita mempersiapkan atlet secara terukur untuk memastikan performanya siap untuk PON XXI/2024 nanti," kata Arianto.

Sementara itu pada PON XXI/2024 di Aceh - Medan , bulan September 2024 mendatang menargetkan tembus 10 besar. Sementara pada PON Papua, Sumsel berhasil naik peringkat ke urutan ke-17.