Permintaan Alquran di Palembang meningkat

id kitab suci, alquran, toko buku, pedagang, ramadhan

Permintaan Alquran di Palembang meningkat

Kitab suci Al Quran (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Permintaan kitab suci Alquran di sejumlah toko buku di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan mengalami peningkatan cukup tinggi selama bulan Ramadan 1436 Hijrah/2015 Masehi.

Sejumlah pemilik toko buku di Palembang, Senin, membenarkan sejak sepekan terakhir permintaan kitab suci Alquran mengalami peningkatan sekitar 25 persen dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

"Alhamdulillah pada puasa Ramadan tahun ini, kami mendapat limpahan rezeki dari peningkatan permintaan Alquran dan beberapa buku bacaan Islam, semoga permintaan tersebut pada bulan yang penuh berkah ini bisa lebih banyak lagi," ujar Ranius, pemilik toko buku di kawasan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. 

Menurut dia, permintaan kitab suci agama Islam itu dilakukan masyarakat dengan cara membeli satuan untuk keperluan keluarga, dan ada pula yang membeli lusinan untuk disumbangkan ke masjid, pondok pesantren, panti asuhan atau lembaga pendidikan Islam lainnya.

Kitab suci Alquran yang meningkat permintaan dari masyarakat sekarang ini, tetap dijual dengan harga normal seperti biasanya, mengingat khusus barang untuk kepentingan ibadah pihaknya tidak menentukan harga jual dengan perhitungan bisnis sesuai hukum pasar.

Sesuai hukum pasar, saat terjadi peningkatan permintaan terhadap suatu barang dagangan akan terjadi penyesuaian harga atau dinaikkan dari kondisi normal, namun khusus penjualan Alquran tetap diterapkan harga seperti biasanya.

Kitab suci Alquran dijual dengan harga relatif murah, yakni berkisar Rp50.000 hingga Rp100.000 per buah tergantung ukuran besar dan kecilnya, begitupula buku bacaan ajaran Islam lainnya seperti buku tuntunan doa, salat sunah dan wajib dijual dengan harga Rp25.000 hingga Rp60.000 per buah, kata dia pula. 

Pmenurut pedagang lainnya, Rais, peningkatan permintaan Alquran selama bulan Ramadan sudah diprediksi sebelumnya, mengingat seperti biasanya setiap tahun selalu terjadi peningkatan penjualan kitab suci Alquran itu.

Pihaknya menyiapkan persediaan Alquran untuk menghadapi peningkatan permintaan dari masyarakat daerah ini.