Kapolres OKU minta warga untuk waspada musibah kebakaran

id Peristiwa kebakaran, bulan suci Ramadhan, Polres OKU

Kapolres OKU minta warga untuk waspada musibah kebakaran

Personel Polres OKU memasang garis polisi di lokasi kebakaran, Jumat (29/3/2024). ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, AKBP Imam Zamroni mengingatkan warga di wilayahnya untuk mewaspadai musibah kebakaran yang rentan terjadi selama bulan suci Ramadhan.

"Musibah kebakaran permukiman penduduk rentan terjadi saat bulan puasa karena banyak rumah yang ditinggal pemiliknya," kata Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan selama bulan suci Ramadhan tahun ini tercatat dua kasus kebakaran yang menghanguskan rumah warga di Desa Kedaton, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) dan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun akibat peristiwa tersebut korban terpaksa mengungsi ke tempat keluarga karena rumah mereka hangus terbakar hingga nyaris rata dengan tanah.

"Rata-rata peristiwa kebakaran ini disebabkan akibat arus pendek listrik," katanya.

Terkait hal itu, Kapolres mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan memastikan tidak ada listrik atau kompor yang menyala saat meninggalkan rumah.

"Khususnya saat meninggalkan rumah untuk melaksanakan sholat tarawih di masjid harus dipastikan dulu tidak ada kompor yang menyala," katanya.

Kapolres menginstruksikan Bhabinkamtibmas di seluruh kecamatan untuk menggencarkan sosialisasi tentang bahaya kebakaran agar masyarakat teredukasi dan lebih waspada supaya kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa.

"Pastikan semua peralatan listrik, kompor maupun benda berbahaya lainnya sudah aman saat meninggalkan rumah supaya peristiwa yang sama tidak terulang kembali," ujarnya.