Danrem pantau daerah rawan konflik jelang pilkada

id korem 044, korem garuda dempo, danrem, suko basuki, daerah rawan konflik, jelang pilkada, daerah sumsel

Danrem pantau daerah rawan konflik jelang pilkada

Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Suko Basuki (Foto:antarasumsel.com/15/Evan Ervani)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Suko Basuki mengatakan pihaknya akan terus memantau daerah rawan konflik terutama menjelang pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan pada Desember mendatang.

"Kami terus memantau daerah rawan konflik supaya situasi kondusif di daerah ini terus terjaga," kata Danrem kepada wartawan setelah serahterima jabatan Dandim Muara Enim, Sumsel dari pejabat lama Letkol Inf Ruslan kepada penggantinya Letkol Inf Jamaludin di Palembang, Jumat.

Dandim yang baru sebelumnya menjabat Komandan Sekolah Calon Tamtama Rimdan di Kabupaten Lahat, sementara Letkol Inf Ruslan mendapat tugas baru sebagai Wadan Pusat Latihan Tempur di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada yang perlu diwaspadai seperti Kabupaten Musirawas Utara, sebab itu pihaknya terus berkoordinasi dengan pemuka masyarakat dan tokoh agama di kabupaten tersebut.

Koordinasi dan pertemuan terus dibina sehingga bila ada masalah yang akan timbul dapat diantisipasi secepat mungkin, kata dia.

Aparat di lapangan saat ini terus mengoptimalkan koordinasi terutama menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), ujar dia.

Namun, lanjut Danrem, bukan saja daerah rawan konflik harus diwaspadai tetapi juga seluruh kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pilkada.

Semua itu dilakukan agar suasana kondusif yang telah tercipta selama ini tetap terjaga, ujar dia.

Ditanya mengenai pengamanan pemilihan kepala daerah, dia mengatakan, siap membantu anggota Polri dan telah menyiapkan ratusan anggota untuk membantu pengamanan pilkada nanti agar berlangsung sukses.

"Anggota pengamanan itu siap melaksanakan tugas menjelang dan pada pelaksanaan serta pascapemilihan," ujar dia.

Sumsel akan melaksanakan pilkada pada 2015 di tujuh kabupaten yaitu Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Musirawas Utara.