Wali Kota Lubuklinggau dukung program pemberantasan narkoba

id pemkot linggau,wali kota lubuklinggau, narkoba

Wali Kota Lubuklinggau dukung program pemberantasan narkoba

Ilustrasi anti narkoba (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selly)

Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, SN Prana Putra Sohe menyatakan mendukung program pemerintah untuk gencar membantu aparat kepolisian memberantas peredaran narkoba khususnya di daerah tersebut.

"Saya siap mendukung program pemerintah tersebut, terutama dalam upaya pihak aparat kepolisian memberantas peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di daerahnya," kata SN Prana Putra Sohe, di Lubuklinggau, Jumat.

Ia mengutip arahan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M Sahil saat menghadiri bhakti sosial di eks kompi setempat beberapa hari lalu menyatakan ada dua hal tantangan besar bagi para pemimpin dan orang tua yang harus diatasi yaitu narkoba dan teroris.

Kedua masalah itu bisa merusak pemuda serta masa depannya, bila tidak diantisipasi dari sekarang, apalagi di wilayah Lubuklinggau dikenal marak peredaranan dan pengguna narkoba.

Sementara untuk para pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS), menurut Wali Kota Prana Putra Sohe, telah dilakukan tes urine secara dadakan yang kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat.

Bagi oknum pejabat dan PNS yang terjaring dan positif mengkonsumsi narkoba akan dijatuhi sanksi administarsi dan disiplin pegawai hingga pemecatan, katanya tanpa menyebutkan kemungkinan ada oknum PNS yang positif mengkonsumsi narkoba di daerah itu.

Sedangkan mengenai perkembangan jaringan ISIS, menurut dia, hingga saat ini belum ditemukan ada warganya yang terbukti menjadi anggota terlarang tersebut.

Hal itu tidak terjadi di Kota Lubuklinggau, namun pihaknya bersama aparat keamanan TNI dan Polri setempat selalu waspada masuknya jaringan terlarang tersebut, katanya.

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan, untuk menghindari penggunaan narkoba diminta kepada pemuda dan anak-anak lebih efektif dalam ekstrakulikuler kegiatan positif seperti olahraga dan rohis, sehingga terhindar dari pergaulan yang bisa menjerumuskan.