ISKI Sumsel siapkan seminar nasional jurnalistik

id iski, sarjana komunikais, ikatan sarjana komuniaksi indonesia, iski sumsel, pengurus iski sumsel

...Seminar nasional itu merupakan program kerja ISKI yang disiapkan untuk menyemarakkan pelantikan pengurus baru dan sebagai wujud kontribusi sarjana komunikasi untuk pengembangan ilmu jurnalistik...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sarjana ilmu komunikasi yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) daerah Sumatera Selatan saat ini tengah menyiapkan seminar nasional yang akan membedah masalah perkembangan jurnalistik di Tanah Air.

Untuk menyelenggarakan seminar nasional itu saat ini sedang didata beberapa narasumber yang berkompeten di bidang jurnalistik seperti dari sejumlah perguruan tinggi terkemuka, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia dan organisasi profesi jurnalistik lainnya, kata Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Sumatera Selatan, Prof Isnawijayani seusai acara pemilihan ketua baru periode 2015-2019 di Palembang, Kamis.

Menurut Isna, seminar nasional itu merupakan program kerja ISKI yang disiapkan untuk menyemarakkan pelantikan pengurus baru dan sebagai wujud kontribusi sarjana komunikasi untuk pengembangan ilmu jurnalistik di era kebebasan pers dewasa ini.

Dalam era reformasi sekarang ini, siapa pun dapat dengan mudah membuat media massa cetak dan elektronik bahkan akhir-akhir ini tumbuh subur media "online" sebagai saluran penyebarluasan hasil karya jurnalistik kepada publik.

Kebebasan pers tersebut harus disikapi dengan baik dan jangan sampai disalahgunakan, sehingga perlu sumbangan pemikiran dari sarjana ilmu komunikasi dan orang-orang yang berkompeten di bidang jurnalistik sehingga tidak menyimpang dari peran dan fungsinya.

Sesuai dengan peran dan fungsinya, pers secara umum sebagai sarana penyebarluasan informasi, mendidik, menghibur, dan kontrol sosial.

Melalui seminar nasional yang digagas ISKI Sumsel yang direncanakan digelar pada April atau Mei 2015 itu, diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kepada pengelola perusahaan pers dan wartawan Indonesia agar bisa menjalankan peran dan fungsinya lebih baik lagi serta membela kepentingan publik, ujar Isna.

Dalam pemilihan pengurus ISKI Sumsel yang baru untuk masa bakti 2015-2019, terpilih sebagai Ketua Dr.Lishapsari Prihatini, Sekretaris Asmarudin Asdit, Bendara Siti Lady Havivi dan beberapa ketua bidang di antaranya Ketua Bidang Penerbitan dan Publikasi Yudi Abdullah, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Herfriady, serta Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Icuk M.Sakir.

Ketua terpilih Lishapsari menambahkan, dirinya siap mengemban amanah sebagai Ketua ISKI Sumsel dan segera melakukan koordinasi dengan seluruh pengurus untuk menyiapkan program kerja, dan menyelenggarakan seminar nasional tersebut dalam waktu dekat ini.