Mafud MD sebut 84 persen koruptor lulusan perguruan tinggi

id Koruptor lulusan sarjana, 84 persen koruptor sarjana, Menkopolhukam, Mahfud MD

Mafud MD  sebut 84 persen koruptor lulusan perguruan tinggi

Tangkapan layar Menkopolhukam Prof. Mahfud Md saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Negeri Padang, Minggu, (17/12/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Prof. Dr. Mahfud Md mengungkapkan bahwa dari total koruptor di Tanah Air, sebanyak 84 persen di antaranya merupakan lulusan perguruan tinggi.

"Berdasarkan data Komisi Pemberantasan Korupsi, 84 persen dari koruptor di Indonesia itu adalah lulusan perguruan tinggi," kata Menkopolhukam Mahfud Md saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Negeri Padang, Minggu.

Masih dalam data yang sama, Mahfud menyebutkan saat ini jumlah koruptor di Tanah Air sekitar 1.300-an yang telah ditangkap atau sudah diadili oleh pengadilan.
Artinya, sekitar 900 koruptor merupakan lulusan perguruan tinggi atau sarjana.



Di satu sisi, Mahfud mengemukakan perguruan tinggi tidak gagal meskipun angka koruptor dari kalangan sarjana terbilang tinggi karena hingga saat ini jumlah lulusan perguruan tinggi jauh lebih banyak, yakni lebih kurang 17,6 juta orang.

"Jadi, kalau jumlah lulusan 17,6 juta orang dan yang koruptor 900 orang, kira-kira hanya 0,05 persen. Artinya perguruan tinggi masih baik," kata dia.