Mahfud MD sebut Indonesia Emas dapat terwujud bila memenuhi empat prasyarat

id Mahfud Md,Menkopolhukam

Mahfud MD sebut Indonesia Emas dapat terwujud bila memenuhi empat prasyarat

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md saat memberikan keterangan pada kegiatan wisuda Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). (ANTARA/Rubby Jovan)

Kota Bandung (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md menyatakan bahwa upaya untuk mencapai Indonesia Emas 2045 dapat terwujud jika memenuhi empat prasyarat, yakni penegakan hukum, pemberantasan korupsi, demokrasi yang berkualitas, dan toleransi.

"Kita bisa menyongsong Indonesia Emas jika empat prasyarat itu terwujud. Dan itu harus dilakukan dari sekarang,” kata Mahfud di Bandung, Sabtu.

Hal ini diungkapkan Mahfud saat menghadiri kegiatan wisuda Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Dalam acara itu, Mahfud memberikan orasi ilmiah di hadapan ratusan mahasiswa pada Sidang Terbuka Senat Wisuda ke-40.

Mahfud mengimbau agar para lulusan Unikom tidak hanya menjadi sarjana, namun juga menjadi intelektual yang bermoral demi visi Indonesia Emas 2045 bisa terwujud.

"20 tahun yang akan datang kita harus menjadi Indonesia Emas dan yang diwisuda ini adalah anak-anak yang nantinya akan berperan di tahun 2045," kata dia.