Unsri mendorong lulusan bangun usaha ciptakan lapangan kerja

id Unsri Palembang, unsri dorong lulusan bangun usaha, unsri, lulusan unsri, ciptakan lapangan kerja, sarjana, bangun usaha

Unsri  mendorong lulusan bangun usaha ciptakan lapangan kerja

Rektor Unsri, Profesor Anis Saggaff bersama wartawan seusai acara wisuda 163 mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Hukum secara luring dan daring di Palembang, Rabu (14/12). (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan mendorong sarjana lulusannya membangun usaha menciptakan lapangan kerja dan tidak berpikir hanya mengejar menjadi pegawai seperti yang terjadi selama ini.

"Mahasiswa Unsri sejak awal masuk kuliah mulai diarahkan cara berpikirnya memiliki jiwa wirausaha atau entrepreneur, sehingga ketika menyelesaikan pendidikan dan diwisuda menjadi sarjana tidak bingung untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan swasta dan milik negara, menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN)," kata Rektor Unsri, Profesor Anis Saggaff seusai acara wisuda 163 mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Hukum secara luring dan daring di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, pola pikir membangun usaha setelah menempuh pendidikan tinggi sebenarnya sudah ada sejak era tahun 1970-an, karena menjadi pegawai pada masa itu gaji atau penghasilannya sangat rendah.

"Keinginan untuk menjadi pegawai pada masa itu kurang, kebanyakan generasi muda berlomba-lomba membangun usaha, namun seiring perkembangan zaman pola pikir menjadi pegawai lebih dominan dibandingkan membangun usaha membuka lapangan kerja," ujarnya.

Namun sekarang ini, secara bertahap kembali ditanamkan kepada mahasiswa Unsri pola pikir membangun usaha sendiri baik sesuai dengan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah maupun di luar itu.

Disiplin ilmu yang dipelajari di kampus tidak semata-mata untuk mendapatkan suatu pekerjaan dan menjadi pegawai di lembaga atau perusahaan milik swasta dan negara.

Pendidikan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan hingga lulus menjadi seorang sarjana untuk meningkatkan pola pikir dan kemampuan manajemen.

"Pendidikan tinggi tetap diperlukan dalam membangun suatu usaha, karena pelaku usaha yang berpendidikan tentu berbeda pola pikir dan kemampuannya dengan yang tidak berpendidikan tinggi," ujar Rektor.

Setelah memimpin upacara wisuda, Rektor Unsri, Anis Saggaff memfasilitasi wartawan yang meliput acara tersebut melakukan silaturahmi dengan Tim Humas Unsri untuk mempererat sinergisitas dengan awak media yang selama ini mendukung publikasi kegiatan perguruan tinggi negeri tertua di Sumsel itu.

Koordinator Humas Unsri, Eny Fitriyani menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada insan media yang telah membantu pemberitaan berbagai kegiatan kampusnya.

"Saya berharap agar rekan-rekan media terus memberitakan kegiatan Unsri kepada masyarakat. Berita positif yang disebarluaskan melalui media cetak dan elektronik dapat meningkatkan citra baik Unsri," ujar Eny Fitriyani.