Pemkab OKU sebar 200 ribu ekor bibit ikan air tawar

id Bibit ikan, Sungai Ogan, Pemkab OKU

Pemkab OKU sebar 200 ribu ekor bibit ikan air tawar

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah menebar bibit ikan di Sungai Ogan, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyalurkan bantuan 200 ribu bibit ikan air tawar kepada pembudidaya ikan yang tersebar di enam kecamatan wilayah setempat.

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa enam kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Baturaja Timur, Baturaja Barat, Pengandonan, Lubuk Batang, Sosoh Buay Rayap dan Ulu Ogan.

Selain untuk pembudidaya ikan, kata dia, bantuan bibit ikan yang berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI itu juga ditebar di Sungai Ogan guna menambah populasi ikan di perairan wilayah setempat.

"Pembagian bibit ikan ini untuk dibudidayakan oleh masyarakat dan juga ditebar di Sungai Ogan wilayah Kabupaten OKU agar berkembang biak," katanya.

Adapun ikan air tawar yang ditebar dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat tersebut yakni jenis Ikan Nilem dan Jelawat.

Dua jenis ikan ini sangat mudah berkembang biak dan memiliki daging yang banyak mengandung protein yang sangat baik dikonsumsi masyarakat.

"Total bibit ikan yang dibagikan hari ini yaitu 200 ribu Ikan Nilem dan 10 ribu ekor Ikan Jelawat," ujarnya.

Melalui upaya-upaya ini diharapkan dapat meningkatkan populasi dan produksi ikan lokal yang sebelumnya mengalami penurunan akibat penangkapan yang ilegal sehingga kebutuhan daging ikan bagi masyarakat OKU dapat terpenuhi.

"Masyarakat juga kami imbau untuk melakukan penangkapan ikan dengan cara yang ramah lingkungan agar tidak membunuh ikan yang masih kecil sehingga populasinya tidak punah," ujarnya.