301 sarjana baru pertanian Unsri Palembang siap mengabdi

id sarjana baru, pertanian, sarjana pertanian, Unsri Palembang, siap mengabdi, pengabdian

301 sarjana baru pertanian Unsri Palembang siap mengabdi

Promotor Prof Benyamin Lakitan bersama ketiga lulusan program doktor (S3) ilmu pertanian Unsri yang lulus tercepat periode Agustus 2023. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak lima doktor, 10 magister sains dan 286 sarjana baru ilmu pertanian Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan disiapkan mengabdi untuk mengelola, meneliti, dan mengembangkan potensi pertanian di Tanah Air khususnya Sumatera Selatan.

Kesiapan 301 sarjana dan doktor pertanian itu diungkapkan Dekan Fakultas Pertanian Unsri A Muslim serta Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unsri Syamsuryadi pada acara pelepasan sarjana, magister sains, dan doktor Fakultas Pertanian Unsri Palembang, di Kampus Unsri Indralaya, Selasa.

Dekan Fakultas Pertanian Unsri A Muslim ketika membacakan naskah pelepasan alumni mengucapkan selamat kepada para sarjana baru  
semoga ilmu yang diperoleh selama mengikuti pendidikan di kampus  Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir  dapat digunakan untuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Pelepasan sarjana, magister sains, dan doktor Fakultas Pertanian Unsri periode Agustus 2023 ini merupakan yang terbanyak.

Prestasi meluluskan sarjana terbanyak yang diraih Fakultas Ilmu Pertanian ini merupakan kebanggaan tersendiri  bukan hanya bagi fakultas tetapi juga bagi Unsri secara umum.

Bahkan lima mahasiswa program doktor yang berhasil menyelesaikan pendidikan pada tahun ini tiga di antaranya tergolong cepat yakni satu orang menyelesaikan pendidikan tepat waktu tiga tahun atas nama Dora Fatma Nurshanti dan dua orang menyelesaikan pendidikan dan penelitian hanya dalam waktu dua tahun atas nama  Rofiqoh Purnama Riya  dan  Fitra Gustiar yang ketignya di bawah bimbingan seorang dosen/promotor  Prof Benyamin Lakitan.

Capaian yang diraih mahasiswa, lulusan  dan dosen Fakultas Ilmu Pertanian Unsri tersebut menjadi kebanggaan tersendiri dan dapat mendukung fakultas mewujudkan akreditasi internasional, ujar Dekan FP Muslim.

Rektor Unsri diwakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Syamsuryadi mengajak para sarjana yang baru lulus diharapkan dapat memanfaatkan ilmu untuk masyarakat dan lingkungan di manapun alumni berada.

"Ilmu yg diperoleh diharapkan bisa  diaplikasikan dan dimanfaatkan untuk  kepentingan bangsa dan negara," ujar Syamsuryadi.

Sementara promotor ketiga mahasiswa program doktor (S3) yang lulus tercepat itu Prof Benyamin Lakitan menjelaskan bahwa bimbingannya pertama Dora Fatma Nurshanti meraih gelar doktor dengan menjalani studi dan penelitian tanaman porang selama tiga tahun.

Sedangkan bimbingan kedua  Rofiqoh Purnama Ria dan  ketiga Fitra Gustiar meraih gelar doktor dengan menjalani studi dan penelitian tanaman sayuran selama dua tahun.

"Saya mengucapkan selamat kepada ketiga doktor yang tergolong usia muda 26 - 49 tahun itu, semoga dapat memanfaatkan ilmunya untuk pengembangan pertanian di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu," ujar Prof Benyamin.