Korem Gapo kembangkan kendaraan berbahan bakar LPG

id korem, korem gapo

Korem Gapo kembangkan kendaraan berbahan bakar LPG

Prajurit Korem Gapo uji coba sepeda motor berbahan bakar gas LPG (Oleh Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Prajurit Korem 044/Gapo Kodam II/Sriwijaya mengikuti penataran tentang teknologi tepat guna mengembangkan kendaraan jenis sepeda motor berbahan bakar gas atau LPG.

Pada kegiatan tersebut ditampilkan berbagai jenis teknologi tepat guna yang diciptakan oleh prajurit-prajurit Korem 044/Gapo melakukan uji coba pemanfaatan gas elpiji (LPG) sebagai bahan bakar kendaraan sepeda motor, kata Kasi Teritorial Korem 044/Gapo, Mayor Inf Hista Harahap di Palembang, Jumat.

Menurut dia, uji coba penggunaan bahan bakar LPG tiga kilogram pada sepeda motor dilaksanakan selama satu bulan dapat menempuh jarak perjalanan 250 kilometer.

Penggunaan LPG pada sepeda motor sangat hemat dan kemampuan berjalan seperti biasa, namun hemat dan jenis bahan bakar tersebut mudah didapat di warung-warung pedesaan dengan harga murah, dibandingkan bahan bakar premium.

Dengan apa yang sudah dilakukan oleh para bintara pembina desa (babinsa) jajaran Korem Gapo ini, diharapkan dapat menjadi solusi upaya pengehematan energi guna menjaga kelestarian lingkungan dan membantu pembangunan masyarakat khususnya di beberapa wilayah perdesaan jauh dari jangkauan.

Selain itu juga para babinsa tersebut melakukan pengembangan teknologi tepat guna lain seperti kompor yang menggunkan bahan bakar limbah mudah didapat, serta lampu memanfaatkan tenaga baterai atau accu sedang dilakukan uji coba masyarakat perdesaan belum terjangkau jaringan PLN, katanya.