Auditor independen periksa PT SP2J

id transmusi, sp2j

Auditor independen periksa PT SP2J

Perusahaan SP2J (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Auditor independen akan ditugaskan memeriksa kondisi keuangan dan kinerJa manajemen PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), perusahaan daerah milik Pemkot Palembang.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ucok Hidayat, Rabu, mengatakan audit tersebut dilakukan setelah sebelumnya BPK dan inspektorat telah melakukan pemeriksaan secara optimal namun masih saja belum ada perubahan menuju yang lebih baik.

Karena itu, pihaknya sangat berharap hasil audit independen akan digunakan untuk mengevaluasi secara menyeluruh PT SP2J, katanya.

Dia menjelaskan, audit tersebut juga sangat erat kaitannya dengan penyertaan modal bagi perusahaan itu dari APBD Kota Palembang.

Dengan demikian estimasi berapa besar dana untuk penyertaan modal bisa dikalkulasikan sesuai dengan kondisi perusahaan dan kebutuhan yang realistis, ujarnya.

Menurut dia, auditor independen itu akan segera bekerja sehingga penyertaan modal pada APBD perubahan tahun 2014 bisa dipastikan jumlahnya.

Meskipun, manajemen perusahaan itu mengajukan penyertaan modal sebesar Rp60 miliar pada APBD perubahan, tambahnya.

Ia mengatakan, hasil audit tersebut akan menjadi dasar pemkot menentukan sikap terkait dengan operasional perusahaan itu.

Dengan target kedepan perusahaan yang selama ini melayani jasa transportasi angkutan massal bus transmusi, pengelolaan rumah susun sewa dan gas kota akan kembali sehat, katanya.

Sementara ratusan awak bus transmusi yang terdiri dari sopir dan kondektur, Selasa (12/8) kembali berunjuk rasa.

Tuntutan awak bus transmusi dengan mendatangi kantor DPRD Palembang menuntut dibayarnya hak berupa gaji dan memecat manajemen PT SP2J yang dinilai tak layak menjadi pemimpin perusahaan yang sejatinya berorientasi pada kepentingan masyarakat itu.