Biaya tes kesehatan ditanggung calon haji

id kesehatan, tes kesehatan jamaah haji

Biaya tes kesehatan ditanggung calon haji

Pemeriksaan kesehatan calon haji (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyatakan terkait biaya tes kesehatan tahap pertama untuk Calon Jamaah Haji ditanggung sendiri oleh yang bersangkutan.

"Biaya pemeriksaan kesehatan tahap pertama Calon Jamaah Haji (CJH) ditanggung setiap jamaah," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (Dinkes OKU) Saipul Kamal melalui Kasi Pengamatan dan Pencegahan Penyakit M Sirait di Baturaja, Rabu.

Dijelaskan Siraid, pemeriksaan kesehatan tahap petama dilakukan secara menyeluruh atau Medical Check Up terhadap CJH yang akan berangkat ke Tanah Sucu Mekkah tahun ini.

Pemeriksaan tersebut kata dia, meliputi rontgen dan cek laboratorium secara rekam jantung bagi CJH masuk kategori resiko tinggi.

"Pada pemeriksaan tahap pertama ini akan mendeteksi penyakit yang didertita CJH," jelasnya.

Bagi CJH yang didekteksi memiliki penyakit masuk kategori resiko tinggi, akan direkomendasikan untuk menjalani perawatan kesehatan di RSUD atau dokter spesialis sesuai dengan penyakit yang diderita jamaah.

Dikemukakannya, pemeriksaan kesehatan pertama dapat dilakukan di enam Puskesmas, yakni Puskesmas Kemalaraja, Sukaraya, Tanjung Agung, Peninjauan, Karya Mukti dan Puskesmas Batu Marta.

"Pemeriksaan tahap pertama mulai dilakukan pada 6 hingga akhir Juni 2014 atau sebelum pemeriksaan tahap kedua yang akan digelar sekitar awal Agustus," ujarnya.