Jaringan transmisi listrik akan dibangun di Sumatera

id listrik, jaringan transmisi listrik

Jaringan transmisi listrik akan dibangun di Sumatera

Ilustrasi - Pembangunan jaringan transmisi listrik (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) -  Jaringan  transmisi listrik sepanjang 1.120 kilometer akan dibangun di Pulau Sumatera yakni dari Sumatera Selatan menuju Sumatera Utara..

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman saat memimpin rapat persiapan pembangunan transmisi di Palembang, Senin mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan diri terutama jalur yang dilalui transmisi tersebut.

Untuk wilayah Sumsel jalur yang akan dilalui antara lain mulai dari Kabupaten Muaraenim menuju Musirawas Utara selanjutnya perbatasan Jambi di daerah Sorulangon. Jadi daerah yang dilalui tersebut akan ada penggunaan lahan sehingga kabupaten dan kota harus mendata areal yang akan digunakan itu.

Menurut dia, mengenai pembangunan transmisi tersebut kemungkian besar pemerintah kabupaten dan kota akan mengganti lahan tersebut, namun itu masih perlu dibahas kembali.

Begitu juga perizinan akan dibebankan kepada pemerintah kabupaten dan kota karena pemerintah setempat yang berhak memberikan izin, katanya.

Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Sumsel Robert Heri mengatakan, pembangunan jaringan transmisi tersebut untuk mengatasi kekurangan listrik di wilayah sumatera bagian timur.

Sehubungan itu pemerintah akan membangun jaringan transmisi tersebut untuk mengatasi permasalahan akan penerangan yang terjadi sekarang ini.

Mengenai pembangunan sendiri akan dilaksanakan Wijaya Karya bersama PT PLN dan pemerintah daerah bersifat membantu terutama lahan.

Transmisi jaringan tersebut dengan kapasitas 500 kv yang diharapkan dalam waktu dekat ini dapat terealisasi.