KPU OKU lakukan pelipatan surat suara Pemilu

id kertas suara, lakukan pelipatan kertas suara pemilu

KPU OKU lakukan pelipatan surat suara Pemilu

Ratusan warga melipat surat suara (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kamis, mulai melakukan pelipatan surat suara pemilu legislatif 9 April 2014 dengan mengerahkan sekitar 200 orang warga di daerah itu.

Proses pelipatan surat suara tersebut dipusatkan di Balai Kecamatan Baturaja Timur dengan dikawal ketat petugas keamanan dari Polres Ogan Komering Ulu (OKU), kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU, Naning Wijaya di Baturaja.

Menurut dia, pengamanan ketat tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti merusak surat suara ataupun mencoblos duluan surat suara yang akan dilipat.

Ia menjelaskan, ada sekitar 1.020.448 lembar surat suara yang akan dilipat terdiri atas surat suara untuk DPR RI, DPD dan DPRD provinsi masing masing 254.372 lembar.

Sedangkan untuk DPRD kabupaten jumlahnya menyesuaikan dengan daerah pemilihan (dapil).

"Untuk Dapil I sebanyak 67.798 lembar surat suara, Dapil II  69.658 lembar, Dapil III 68.888 lembar serta Dapil IV sebanyak 48.028 lembar, yang masing-masing sudah ditambah 1.000 lembar surat suara cadanga untuk setiap dapil," katanya.

Sementara Ketua Divisi Logistik KPU OKU Imaddudin menambahkan bahwa pelipatan kertas suara itu dibagi menjadi dua shift dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB dan pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

"Hari pertama pelipatan surat suara dilakukan oleh sekitar 200 orang petugas. Tiap lembar kertas dilipat dan disortir pekerja akan mendapatkan upah sebesar Rp200  yang nantinya diakumulasikan pada saat hari terakhir pelipatan," katanya.(E Permana)