Rekapitulasi surat suara provinsi yang alot, permudah rekap nasional

id August Mellaz,Pemilu 2024,Pilpres 2024

Rekapitulasi surat suara provinsi yang alot, permudah rekap nasional

Tangkapan layar - Anggota KPU RI August Mellaz saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (14/3/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan bahwa proses rekapitulasi penghitungan suara yang berjalan alot pada tingkat provinsi justru akan memudahkan proses rekapitulasi di tingkat nasional.

"Memang kalau kita lihat teman-teman bisa perhatikan selama proses rekapitulasi yang berlangsung di tingkat nasional memang ada beberapa provinsi yang kemudian alot," ujar Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu.

"Tapi begitu dibawa ke nasionalnya kan selesai," sambungnya.

Ia pun menjelaskan rekapitulasi berjenjang dapat menyelesaikan permasalahan dari bawah. Oleh karena itu, apabila ada permasalahan saat proses rekapitulasi di tingkat provinsi, maka penyebabnya berada di kabupaten/kota.

"Nah kalau itu misalnya berlangsung alot tapi kemudian ketika dibawa ke RI semuanya sudah lebih mudah, begitu," jelas Mellaz.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.