Caleg DPRD Sumsel berharap jaminan keamanan pemilu

id Anita Noeringhati, caleg dprd sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - Calon legislatif untuk DPRD Sumatera Selatan mengharapkan jaminan penyelenggara pemilu mengenai keamanan surat suara, menyusul akan digunakannya kotak suara berbahan kardus pada pemilu 9 April 2014.

Kualitas logistik lama lebih tahan dan aman, kata calon legislatif (caleg) untuk DPRD Sumatera Selatan, RA Anita Noeringhati ketika ditanya mengenai kotak suara berbahan kardus di Palembang, Kamis.

Menurut dia, sebagai calon legislatif dirinya juga merasa khawatir dengan kondisi kotak suara berbahan kardus tersebut.

Kalau alasannya penghematan, kenapa pemerintah tidak menggunakan logistik lama yang jelas lebih kokoh, katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah cukup menambah kekurangannya saja tanpa harus pengadaan seluruhnya.

Kualitas logistik lama lebih tahan dan aman, sedangkan kalau dari kardus walau telah dilapisi dengan lilin tetap mengkhawatirkan, ujarnya.

Kotak suara itu akan dibawa kemana-mana, belum lagi kalau ada persoalan semua isi kotak akan dihitung ulang.

Persoalannya, apakah kotak suara cukup mampu untuk dibawa kemana-mana, karena itu dirinya minta KPU meninjau ulang kebijakan tersebut dan kalaupun tetap dilaksanakan tentunya ada jaminan keamanan, katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang berencana menggunakan kotak suara berbahan kardus untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah RI pada pemilu legislatif 2014.

"Kebijakan yang kita ambil sementara ini kotak suara berbahan kardus atau yang baru akan digunakan untuk kotak suara calon anggota DPD RI," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang Abdul Karim.

Menurutnya, khusus kotak suara ini mereka mempunyai data bahwa kotak suara yang berbahan aluminium atau kotak lama itu ada sekitar 10 ribu unit lebih.

"Kalaupun nanti kotak suara baru itu akan kita gunakan, maka diprioritaskan dipakai di daerah daratan yang kecil kemungkinan ada resiko banjir," jelasnya.

Kemudian kebijakan kedua kotak suara yang baru itu akan digunakan untuk kotak suara calon anggota DPD RI pada pemilu nanti, katanya.