OKU Timur kendalikan inflasi dan realisaskani belanja daerah

id Laju inflasi, kepala daerah, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Pemkab OKU Timur

OKU Timur kendalikan inflasi dan realisaskani belanja daerah

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan, Selasa. (ANTARA/Diskominfo OKU Timur/23)

Martapura (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan dinilai sukses dalam mengendalikan inflasi dan realisasi belanja daerah sehingga Bupati setempat diganjar penghargaan dari Kementerian Keuangan dan Kemendagri.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Seminar Internasional "Indonesia's Fiscal Decentralization Policy For The Next Decade" di Aula Mezanine Gedung Djuanda I Jakarta Pusat pada Selasa.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah mengatakan, Kabupaten OKU Timur sendiri mendapatkan dua kategori alokasi insentif fiskal kinerja tahun berjalan Tahun Anggaran 2023 yaitu Kategori Percepatan Belanja Daerah dan Penggunaan Produk Dalam Negeri serta Kategori Kinerja Pengendalian Inflasi.

Adapun dana insentif fiskal yang diterima sejumlah Rp12.528.586.000 untuk kategori percepatan belanja daerah dan penggunaan produk dalam negeri serta sebesar Rp9.289.585.000 untuk kategori kinerja pengendalian inflasi.

Bupati menegaskan bahwa penggunaan dana insentif yang diterima akan sesuai dengan peruntukan yang telah ditetapkan, yaitu untuk pengendalian inflasi, peningkatan investasi, serta penurunan kemiskinan.

"Peruntukkan dana ini digunakan sesuai dengan Permenkeu Nomor 67 Tahun 2023," tegasnya.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut tentunya memberikan semangat bagi jajarannya untuk mengendalikan laju inflasi serta percepatan belanja daerah dan penggunaan produk dalam negeri secara berkelanjutan.

"Kami akan terus berusaha untuk mengendalikan laju inflasi serta percepatan belanja daerah dan penggunaan produk dalam negeri di OKU Timur," ujarnya.

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sambutannya berharap kepada daerah yang mengukir prestasi dapat menginspirasi kepala daerah lainnya agar semangat dalam mengendalikan inflasi di wilayah masing-masing.

"Saya juga mengharapkan adanya pertukaran ide dan gagasan, pemikiran serta informasi sehingga dapat membuat kebijakan yang lebih baik lagi untuk mengendalikan laju inflasi di seluruh daerah di Indonesia," ujar dia.