Rupiah menguat di tengah pasar nantikan rilis data PDB AS

id nilai tukar rupiah,mata uang indonesia,bank indo,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Rupiah menguat di tengah pasar nantikan rilis data PDB AS

Petugas menunjukan uang pecahan Rupiah dan dolar AS di gerai penukaran mata uang asing. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi, menguat di tengah pasar yang menantikan rilis Produk Domestik Bruto (PDB) Amerika Serikat.

Rupiah pagi ini menguat 17 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp15.571 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.588 per dolar AS.

"Pasar sedang menunggu data penting hari ini dari kalender ekonomi AS seperti Produk Domestik Bruto AS untuk kuartal ketiga dan klaim pengangguran AS mingguan," tulis Tim Riset Monex Investindo Futures dalam kajiannya di Jakarta, Kamis.

Data belanja konsumsi pribadi atau Personal Consumption Expenditure (PCE) inti yang dijadwalkan dirilis pada Jumat (23/12) yang akan mendapatkan perhatian khusus setelah kenaikan suku bunga baru-baru ini dari bank sentral AS The Federal Reserve.

Sebelumnya, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps), lebih rendah dari empat kenaikan suku bunga berturut-turut sebelumnya sebesar 75 bps.

Namun, Ketua The Fed Jerome Powell memberikan komentar hawkish selama konferensi pers, merujuk pada keinginan dewan untuk terus menaikkan suku bunga pada 2023 meskipun ada risiko resesi.

Powell dan kawan-kawan telah bertekad bahwa perlunya bank sentral membawa suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Dengan The Fed mengindikasikan suku bunga akan tetap tinggi sepanjang 2023, namun risikonya adalah pertumbuhan ekonomi lemah tahun depan.

Pada Rabu (21/12) lalu, rupiah naik 15 poin atau 0,1 persen ke posisi Rp15.588 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.603 per dolar AS.