Kakanwil Kemenkumham Sumsel minta UPT lakukan percepatan capaian kinerja tahun 2022

id Kemenkumham

Kakanwil Kemenkumham Sumsel minta UPT lakukan percepatan capaian kinerja tahun 2022

Kakanwil Kemenkumham Harun Sulianto memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Kemenkumham Tahun 2022 secara telekonfren di Palembang, Senin (1/12/22). (ANTARA/HO)

Palembang (ANTARA) - Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto meminta Unit Pelaksana Teknik (UPT) melakukan percepatan capaian kinerja tahun 2022.

Ia mengatakan ini dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Kemenkumham Tahun 2022 secara telekonfren di Palembang, Senin (1/12/22).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi, para pejabat struktural, pengelola keuangan.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022 dan Penyusunan Target Kinerja Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Setjen Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta pada tanggal 23-25 November 2022 lalu.

Pada kesempatan itu, Kakanwil Harun mengucapkan terima kasih atas kinerja seluruh jajaran sehingga Kanwil Kemenkumham Sumsel memperoleh juara III Kanwil Tipe B pada kegiatan rakor tersebut.

“Penghargaan ini diberikan atas kinerja berdasarkan parameter IKPA, SMART, nilai SAKIP, nilai WBK/WBBM, dan Target Kinerja,” kata Harun.

Selain itu, Kakanwil Harun menyampaikan beberapa hal yang menjadi atensi dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly diantaranya agar tidak terjadi temuan berulang BPK, intensifikasi koordinasi dan komunikasi dengan seluruh jajaran, serta menyukseskan pencapaian 18 Indikator Kinerja Utama (IKU) Menkumham, dan prioritas nasional harus diselesaikan secara tuntas, serta diharapkan penggunaan PNBP secara cermat dan tepat sasaran.

Selanjutnya, Harun minta seluruh jajarannya untuk melaporkan progres lelang pra-dipa untuk belanja tahun 2023.

Disamping itu, untuk menghindari penumpukan tagihan di akhir tahun anggaran, Harun Sulianto meminta para pengelola keuangan untuk segera lakukan penyelesaian tagihan dan pembayaran bagi pekerjaan yang telah selesai.

“Tentunya tetap dengan mengedepankan prinsip akuntabel dan sesuai ketentuan,” katanya.

Dalam sisa waktu dua minggu terakhir, ia juga minta untuk segera tuntaskan penyerapan anggaran serta kelengkapan administrasi.

“Pastikan penyerapan anggaran optimal sesuai  dengan perencanaan dan lakukan langkah-langkah korektif agar target capaian dapat dipenuhi,” kata dia.

Harun juga menyampaikan himbauan kepada seluruh jajarannya untuk menghindari gaya hidup hedonis, dan hindari  penyimpangan dalam pelaksanaan tugas.

Sedangkan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto menyampaikan evaluasi capaian kinerja UPT Pemasyarakatan, draf target kinerja Divisi Pemasyarakatan, dan upaya peningkatan keamanan di Lapas/Rutan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Selanjutnya, Kadivpas Bambang Haryanto juga berpesan kepada jajaran agar tidak terlibat dalam politik praktis, dan bijaksana  dalam bermedsos.