Pemkot Palembang memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan kepada RT/RW

id bpjs ketenagakerjaan,bpjs ketenagakerjaan rt/rw,bpjs,pemkot palembang,berita palembang

Pemkot Palembang memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan kepada RT/RW

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa (22/11) (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri/2022)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, akan memberikan fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk ketua rukun tetangga (RT) dan ketua rukun warga (RW) yang ada di kota ini.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa, mengatakan sebanyak 5.000 RT/RW akan difasilitasi dengan BPJS Ketenagakerjaan karena mereka merupakan garda terdepan bagi Pemkot Palembang dalam pelayanan masyarakat.

“Sebenarnya ini sudah sejak lama ingin kami dilakukan tetapi banyak kendala, mengingat ada pandemi COVID-19 jadi kami fokus untuk penanggulangan terlebih dahulu,” kata Fitri.

Hal ini juga merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahwa tahun 2024 seluruh tenaga kerja harus difasilitasi BPJS Ketenagakerjaan.

Mengingat jumlah ketua RT/RW sebanyak 5.000 orang di Palembang sebagian besar merupakan tenaga kerja di suatu perusahaan, katanya, maka dari itu pihaknya akan mendorong perusahaan yang karyawannya merupakan ketua RT/RW untuk memberikan BPJS Ketenagakerjaan.

“Dan sisanya yang bukan tenaga kerja di suatu perusahaan akan diberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan secara gratis oleh Pemkot Palembang,” ujarnya.

Menurut dia, Pemberian BPJS Ketenagakerjaan ini tidak memberat anggaran Pemkot Palembang mengingat tugas RT/RW ini sangat berat dan ini juga menjadi alasan untuk memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan.

“Iuran BPJS Ketenagakerjaan ini hanya Rp.16.000 per bulan ini tidak memberatkan anggaran Pemkot Palembang,” katanya.

Dia mengatakan manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini jika terjadi kecelakaan kerja, juga mengalami cacat permanen dan traumatik semua akan ditanggung, bahkan ketika meninggal dunia akan diberikan santunan pendidikan hingga kuliah untuk dua anaknya dan sebagainya.

“Manfaat BPJS ini sangat luar biasa dan kami takut ketua RT/RW mendapatkan musibah seperti kecelakaan saat menjalankan tugas ini tidak ditanggung BPJS Kesehatan tetapi ini ditanggung BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Fitri mengatakan BPJS untuk ketua RT/RW ini akan direalisasikan pada awal 2023.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022