Bupati Banyuasin dorong pengusaha lokal ikut pengadaan barang jasa

id banyuasin,pemkab banyuasin,toko daring,pengadaan ,barang dan jasa,digital

Bupati Banyuasin dorong pengusaha lokal ikut pengadaan barang jasa

Bupati Banyuasin Askolani. (ANTARA/HO-Pemkab Banyuasin)

Upaya ini juga wujud nyata peran pemerintahan di kabupaten dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, mendorong para pelaku usaha lokal untuk ikut serta dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Bupati Banyuasin Askolani di Pangkalan Balai, Selasa, mengatakan, para pelaku usaha didorong dapat memanfaatkan platform belanja pemerintah dalam media Katalog Elektronik dan Toko Daring.

“Upaya ini juga wujud nyata peran pemerintahan di kabupaten dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” kata Askolani.

Proses digitalisasi dan percepatan proses pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemkab Banyuasin ini setidaknya dapat memperkecil peluang tindakan penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang yang dapat menimbulkan tindak pidana.

Pemkab berharap kalangan pelaku usaha dapat berperan aktif dalam mengawal kinerja Pemkab Banyuasin.

Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Emin Adhy Muhaemin mengatakan katalog elektronik lokal dan toko daring ini merupakan formula khusus dalam mendongkrak serapan produk UMKM dalam belanja pemerintah.

Kebijakan Ini menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk UMK dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan Barang/Jasa Pemerintah dan Surat Kepala LKPP RI Nomor : 16578/KA/07/2022 Perihal Percepatan Penyelenggaraan Katalog Elektronik Lokal dan Pemanfaatan Tokoh Daring

“Kami mengharapkan ke depannya, pemerintah di kabupaten/kota Sumsel dapat membeli produk lokal,” kata dia.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui link bit.ly/katalog-banyuasin atau menghubungi secara langsung Bagian Unit Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin.

Dalam kaitan ini Pemkab menggandeng toko daring MBizmarket untuk menerapkan transaksi digital sesuai dengan aturan pemerintah terkait belanja pemerintah.

MBizmarket telah dipercaya menjadi salah satu e-merchant (mitra toko daring) Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) dalam Portal Bela Pengadaan.

Lewat toko daring tersebut, berbagai kebutuhan lembaga pemerintahan dapat diakses dengan mudah dan praktis.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022