2.165 anak di Kabupaten OKU Sumsel sudah divaksin COVID-19

id Vaksinasi anak, target sasaran, tempat pelayanan vaksin, siapkan dosis vaksin, Dinas Kesehatan OKU

2.165 anak di Kabupaten OKU Sumsel sudah divaksin COVID-19

Seorang anak warga kabupaten aku disuntik vaksin COVID-19. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Andi Prapto menyebut hingga saat ini tercatat sebanyak 2.165 anak usia 12-17 tahun di wilayahnya sudah divaksin COVID-19 tahap satu dan dua.

"Vaksinasi anak usia 12-17 tahun di OKU  baru tercapai 5,9 persen dari target sasaran," kata Andi di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat.

Dia menjelaskan, berdasarkan data per 3 September 2021 vaksinasi anak usia tersebut baru mencapai 5,9 persen atau sekitar 1.216 anak sudah divaksin tahap satu dan 949 dosis kedua dari 36.926 target sasaran.

Ribuan anak yang sudah divaksin ini merupakan pelajar tingkat Sekolah Dasar dan SMP yang menjadi prioritas sasaran vaksinasi agar dapat melaksanakan proses belajar tatap muka di sekolah.

Saat ini Pemkab OKU telah menyiapkan sebanyak 6.935 dosis vaksin Sinovac dan Corrona Vacc Biofarma yang diperuntukan bagi anak usia tersebut untuk divaksin dua tahap.

"Tempat pelayanan vaksin anak tersedia di tiga rumah sakit dan 18 Puskesmas di OKU," kata dia.

Ia mengimbau bagi anak yang belum divaksin agar segera datang ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat.

"Peran serta orang tua juga diharapkan proaktif mengajak anaknya datang ke tempat pelayanan vaksin sehingga program tersebut dapat berjalan dengan maksimal," ujarnya.