Sumsel targetkan realisasi vaksinasi COVID-19 capai 80 Persen

id vaksinasi,vaksinasi covid-19,vaksinasi sumsel

Sumsel targetkan realisasi vaksinasi COVID-19 capai 80 Persen

Petugas bersiap menyuntikan vaksin COVID-19 kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Merdeka Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (18/2/2021). ANTARA/Feny Selly

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menargetkan realisasi vaksinasi COVID-19 mencapai 80 persen dari total penerima vaksin di daerah tersebut.

"Saya mengajak semua lapisan masyarakat mendukung peningkatan pelaksanaan vaksinasi hingga di atas 80 persen,” kata Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Rabu.

Gubernur mengatakan vaksinasi penting untuk mencapai kekebalan kelompok dan melindungi kesehatan masyarakat. Pemprov Sumsel mencatat ada 5,7 juta warga yang terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19.

Ia menerangkan salah satu cara yang dilakukan pemerintah yaitu dengan memberikan vaksinasi kepada warga secara masif, termasuk pedagang yang berisiko terpapar COVID-19.

Menurutnya, Pemprov Sumsel mulai memberi vaksin untuk para pedagang pasar, diawali pedagang di Pasar Cinde Palembang pada Rabu (3/3).

Gubernur pun meminta petugas satuan (kompi) tracer dan vaksinator untuk memantau langsung jika ada yang terpapar virus corona.

Ia mengingatkan kerja para kompi tracer dan kompi vaksinator di lapangan harus mengupayakan tindakan yang humanis.

“Jangan mengedepankan sanksi tetapi melakukan pendekatan yang persuasif agar mereka sadar arti pentingnya kesehatan,” ujar dia.

Menurutnya, keberadaan satuan tracer dan vaksinator merupakan lompatan besar untuk perbaikan ekonomi di Sumsel.

Pemprov Sumsel telah merekrut dan memberikan pelatihan bagi lebih dari 3.000 petugas kesehatan untuk menjadi vaksinator. "Bahkan di setiap Puskesmas sudah ada vaksinator,” kata dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar