Kementerian BUMN tunjuk BKI jadi induk holding BUMN jasa sertifikasi

id BKI,BUMN,Sertifikasi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Kementerian BUMN tunjuk BKI jadi induk holding BUMN  jasa sertifikasi

Tangkapan layar Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin (kanan) di sela seremoni penyerahan SaveGuard Label milik Surveyor Indonesia - Bureau Veritas, di Jakarta, Kamis (19/11/2020). (ANTARA/ Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN memutuskan untuk menunjuk PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menjadi induk holding di bidang jasa pengujian, inspeksi, dan sertifikasi.

Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Kamis, mengatakan terdapat tiga BUMN yang bergerak dalam bidang pengujian, inspeksi, dan sertifikasi yakni PT Biro Klasifikasi Indonesia, PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia.

"Kementerian BUMN sudah memustuskan akan dibentuk holding dari ketiga BUMN ini, Biro Klasifikasi Indonesia jadi induk, Sucofindo dan Surveyor akan bergabung untuk mengintegrasikan seluruh kemampuan BUMN dalam membangun bisnis testing, inspeksi, dan sertifikasi di Indonesia," ujar Budi di sela seremoni penyerahan SaveGuard Label milik Surveyor Indonesia - Bureau Veritas dalam rangka menggerakkan kembali roda perekonomian melalui pemulihan bisnis di normal baru.

Di tengah pandemi ini, menurut dia, sertifikasi untuk risiko keamanan dari sisi kesehatan sangat diperlukan dalam rangka menggerakkan kembali aktivitas bisnis.

Ia mengatakan dengan skala bisnis sertifikasi yang semakin besar itu, diharapkan dapat membuat perseroan semakin mampu untuk mengadopsi teknologi baru dan masuk ke dalam bisnis-bisnis baru yang membutuhkan sertifikasi dan testing.

"Tiga BUMN itu memang bergerak di bisnis testing, inspeksi, dan sertifikasi. Bisnis ini melakukan uji terhadap segala macam standar yang memang diperlukan untuk semua jenis industri, bisa makanan, kesehatan, elektronika, industri processing dan lain sebagainya," paparnya.

Di tengah pandemi, Budi juga mengatakan dibutuhkan banyak ide-ide baru dalam bisnis, termasuk sertifikasi agar masyarakat merasa aman untuk melakukan kegiatan normal.

"Dan saya merasa bahwa ide bisnis dari Surveyor Indonesia dengan memasukkan program sertifikasi SafeGuard Label ini sangat inovatif, sangat membantu membangkitkan kepercayaan masyarakat atas rasa aman ini," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar