Petani di OKU sudah bisa menikmati Kartu Tani

id Kartu Tani, untuk petani di OKU, digunakan tahun depan, Dinas Pertanian OKU,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara hari ini, palembang

Petani di OKU sudah bisa menikmati  Kartu Tani

Ilustrasi Logo Kartu Tani. (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Petani di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini sudah dapat menikmati Kartu Tani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dengan harga terjangkau.

Bisa digunakan tahun depan. Karena Kartu Tani baru aktif dan bisa digunakan tahun depan," kata Kepala Balai Penyuluhan Pertanian, Suratno SP di Baturaja, Sabtu.

Menurut dia, para petani yang memiliki Kartu Tani nantinya bisa mendapatkan pupuk bersubsidi di kios pupuk yang telah ditunjuk pemerintah.

Di OKU sendiri, kata dia, saat ini terdapat 38 kios pupuk yang ditunjuk untuk melayani petani pemegang Kartu Tani yang disalurkan ke kelompok tani beberapa waktu lalu.

"Di OKU terdapat 38 kios yang akan menyalurkan pupuk bersubsidi dari pemerintah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKU, Joni Saihu sebelumnya menuturkan pada tahun ini pihaknya menargetkan mencetak sebanyak 18.804 Kartu Tani untuk para petani yang sudah terdata di wilayah setempat guna mempermudah mendapat pupuk bersubsidi.

"Target cetak Kartu Tani tahun ini sebanyak 18.804 keping," katanya.

Dari jumlah tersebut, kata dia, saat ini tercatat sebanyak 14.235 keping Kartu Tani yang sudah dicetak melalui Bank BNI Baturaja, Kabupaten OKU.

"Dari jumlah tersebut yang sudah terverifikasi yaitu sebanyak 5.084 keping Kartu Tani," katanya.

Dia menjelaskan, adapun kegunaan Kartu Tani ini yaitu guna mempermudah para petani untuk mendapat pupuk bersubsidi dengan harga terjangkau.

Petani tinggal membawa Kartu Tani ke agen atau pengecer yang telah ditunjuk untuk mendapat pupuk bersubsidi untuk tanaman.

“Kemudian kartu tani digesek pada mesin EDC di kios untuk melakukan pembelian pupuk subsidi sesuai dengan kebutuhan," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, Kartu Tani juga berfungsi sebagai kartu debet dan alat transaksi penjualan hasil panen.

"Target kami per 1 Januari 2021, seluruh petani harus sudah menggunakan Kartu Tani," ujarnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar